Ke Pantura Bisa Lewat Tol Cisumdawu, Pemudik Tak Perlu Lagi Lewat Cadas Pangeran

- Sabtu, 23 April 2022 | 07:15 WIB
Jalan Tol Cisumdawu telah dibuka, dan gratis selama dua pekan. (foto: dok humas Pemprov Jabar)
Jalan Tol Cisumdawu telah dibuka, dan gratis selama dua pekan. (foto: dok humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kabar gembira bagi para pemudik yang hendak ke kawasan Pantura Jateng melalui jalur tengah dari Bandung dan sekitarnya pada masa mudik Lebaran 2022.

Pasalnya, Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dibuka hingga exit Cimalaka, Sumedang sepanjang 32,55 Km selepas percabangan dari Tol Purbaleunyi.

Dengan pembukaan itu, titik kemacetan sohor di jalur utama tersebut tak perlu lagi dilewati. Hal ini dinilai cukup signifikan untuk mengurangi beban kepadatan di lintas selatan.

"Jalur Cisumdawu bisa dipergunakan hingga exit Cimalaka, jadi yang ke arah Sumedang dan Majalengka, (Cirebon) tak usah lewat Cadas Pangeran," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai apel gelar pasukan "Operasi Ketupat Lodaya" di depan Gedung Sate Bandung, Jumat 22 April 2022.

Baca Juga: Menang di Laga Uji Coba, Organisasi Permainan Timnas Indonesia U23 Disorot Shin Tae-yong

Sebelumnya, penggal Tol Cisumdawu mulai dibuka secara bertahap pada akhir Januari lalu.

Saat itu, seksi yang baru beroperasi antara ruas Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 Km.

Dengan pembukaan jalur tersebut, dua seksi lainnya berarti siap digunakan guna menampung pergerakan arus mudik melalui Tol Cisumdawu yang total mempunyai panjang lebih dari 60 Km itu.

Dua seksi tersebut adalah seksi 2 antara Pamulihan-Sumedang sejauh 17,05 Km dan seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 Km yang konstruksinya telah rampung 100 persen.

Khusus seksi 2, terdapat terowongan kembar ikonik sepanjang 472 meter dengan lebar 14 meter yang akan menambah sensasi mengemudi dan juga pemudik. Selepas Cimalaka, pemudik diarahkan melalui jalan arteri.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X