Survei: Bila Lawan Anies dan Ganjar, Elektabilitas Prabowo Tembus 50 Persen

- Rabu, 13 April 2022 | 17:12 WIB
Menhan Prabowo Subianto (Instagram/@prabowo)
Menhan Prabowo Subianto (Instagram/@prabowo)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tingkat keterpilihan (elektabilitas) Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto mencapai lebih dari 50 persen jika dihadapkan dengan sejumlah tokoh politik dalam simulasi pemilihan presiden (pilpres) yang digelar Survei dan Polling Indonesia (SPIN).

Direktur SPIN Igor Dirgantara, Rabu 13 April mengatakan, hasil itu menunjukkan tokoh-tokoh politik yang mencalonkan diri saat pilpres akan kesulitan menghadapi Prabowo.

"Pada simulasi head to head antarcapres (calon presiden), publik mayoritas menentukan pilihannya kepada Prabowo Subianto dengan persentase lebih dari 50 persen suara apabila berhadapan dengan Ganjar, Anies, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), Erick Thohir, dan Airlangga Hartarto," kata Igor dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Diduga Terima Gratifikasi Tiket MotoGP Mandalika, Lili Pintauli Berpotensi Dihukum 20 Tahun Penjara

Dalam simulasi pilpres antara Prabowo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, lanjutnya, Menteri Pertahanan itu memperoleh 52,8 persen suara, sementara lawannya 38,5 persen. Dalam simulasi itu, suara ambang (undecided voters) mencapai 8,7 persen.

Prabowo juga unggul dalam simulasi pilpres melawan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Prabowo meraih 53,4 persen suara, sementara Anies 38,1 persen, dengan suara ambang 8,5 persen.

Simulasi lainnya, lanjutnya, Prabowo mendapat suara terbanyak yaitu 58,9 persen dalam simulasi pilpres melawan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Dalam simulasi itu, AHY mendapat 27,7 persen suara dan suara ambang mencapai 13,4 persen.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Rombongan Jenderal Dudung di Merauke, Satu Awak Media Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X