Didakwa Siarkan Kebohongan, Bahar bin Smith Ajukan Keberatan

- Rabu, 6 April 2022 | 12:00 WIB
Bahar bin Smith saat menjalani sidang di PN Bandung. (suaramerdeka.com / Setiady Dwi)
Bahar bin Smith saat menjalani sidang di PN Bandung. (suaramerdeka.com / Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Bahar bin Smith dijerat pasal menyiarkan kebohongan yang dianggap bisa membuat keonaran atas materi ceramahnya seperti dalam dakwaan yang dibacakan di PN Bandung, Selasa 5 April 2022.

Ceramah tersebut disampaikan pada saat Bahar bin Smith mengisi materi dalam rangka peringatan maulid Nabi di Kampung Cibisoro, Desa Nanjung, Margaasih, Kabupaten Bandung, awal Desember 2021.

Perbuatan Habib Bahar bin Smith tersebut diatur dan diancam pidana dalam pasal 14 ayat 1 UU No 1 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Tak hanya itu, sang penceramah juga dibidik jaksa penuntut umum atas ujaran kebencian merujuk pada dakwaan subsider berdasar pasal 28 ayat 2 UU ITE.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 6 April 2022: Kesehatan Sagitarius Lebih Baik, Ide Bisnis Libra Tuai Hasil

Dalam pembacaan dakwaan, JPU Suharja menyebut ada sejumlah pernyataan terdakwa yang dianggap tak sesuai kondisi sebenarnya pada kegiatan tabligh akbar itu.

Di antaranya soal sebab musabab dipenjaranya Rizieq Shihab dan kasus yang menimpa 6 pengawalnya di Km 50 Rest Area Tol Cikampek.

"Perbuatan terdakwa di Cibisoro, Margaasih tak benar, bersifat provokatif, menimbulkan kegaduhan, konflik, dan perpecahan ummat," katanya.

Atas dakwaan tersebut, Bahar bin Smith menyatakan bahwa pihaknya bakal memberikan penjelasan pada persidangan berikutnya.

Baca Juga: 8 Weton Ini Kata Primbon Jawa Cocok Jadi Jodoh Rabu Pahing, Apa Saja Ya?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X