Mindset Buruk soal Pekerja Migran Indonesia Sudah Harus Ditinggalkan

- Rabu, 30 Maret 2022 | 09:12 WIB
Ilustrasi Pekerja Migran. (suaramerdeka.com / dok IST)
Ilustrasi Pekerja Migran. (suaramerdeka.com / dok IST)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani menyebut mindset dan persepsi sebagian masyarakat terhadap pekerja migran masih buruk.

"Seolah kerja rendahan dan sering timbulkan masalah bagi negara. Pandangan itu keliru, harus diubah mindset-nya," katanya di sela-sela kerjasama BP2MI dan Pemprov Jawa Barat soal Kesepahaman Pelayanan Penyelenggaraan Pelindungan pekerja migran Indonesia di Gedung Sate Bandung, Selasa 28 Maret 2022.

Menurut dia, justru kehadiran pekerja migran itu mesti mendapat penghormatan.

Di antaranya melalui kontribusi devisa yang mencapai Rp 159,6 triliun, atau terbesar kedua setelah migas dan di atas sektor pariwisata.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 30 Maret 2022: Capricorn Kencangkan Dompet, Pisces Ada Respon Penuh Gairah

Tak hanya itu, Benny Rhamdani menyatakan kasus-kasus negatif yang melibatkan pekerja migran di luar negeri kebanyakan berasal dari pekerja ilegal.

Mereka tak menempuh prosedur seharusnya.

Karenanya, pihaknya berharap masyarakat yang berniat berkerja ke luar negeri mempertimbangkan secara seksama atas urgensi jalur resmi.

Bagi BP2MI, langkah tersebut juga bagian dari transformasi dalam menghadirkan cara pandang baru terhadap keberadaan pekerja migran.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 30 Maret 2022: Pasangan Aries Beri Kejutan, Gemini Pantau Kesehatanmu!

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X