Pelayanan Masyarakat Harus Terus Berinovasi

- Jumat, 10 November 2017 | 03:12 WIB
Foto:istimewa
Foto:istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Keterbukaan informasi sudah menjadi hak masyarakat yang dijamin oleh UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. 

Sehingga setiap institusi baik pemerintah, BUMD, maupun lembaga lainnya wajib terus meningkatkan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Atas dasar itulah Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah setiap tahunnya menggelar KIP Award untuk memacu dan memicu instansi pemerintah, SKPD ataupun unit kerja yang ada dilingkup Provinsi Jawa Tengah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kuncinya jangan berhenti untuk berinovasi dan berkreasi. Kalau untuk pelayanan masyarakat harus terus dicari (inovasi),” katan Sekda Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP saat menghadiri Presentasi Terbuka Pemeringkatan Badan Publik Tahun 2017 di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Jawa Tengah, Kamis (9/11).

Dia menunjuk contoh inovasi keterbukaan informasi yang dilakukan RSUD Margono Soekarjo melalui portal satu data, yakni RSMSOpen Data.

Menurut Sri Puryono, terobosan tersebut dinilai mampu meningkatkan pelayanan maupun partisipasi masyarakat. 

Sebab open data tersebut dapat digunakan secara bebas, dimanfaatkan dan didistribusikan kembali kepada siapa pun tanpa syarat, bahkan masyarakat bisa mengakses data tersebut tanpa dipungut biaya.

“RSUD Margono sudah memberikan inovasi-inovasi yang baru dan harapan kita untuk tahun yang akan datang ini juga bisa ditularkan ke yang lain,” ujar Sekda.

Peningkatan keterbukaan informasi publik ini, lanjut Sri Puryono, juga harus didukung oleh semua pihak baik masyarakat, dunia usaha maupun awak media. 

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Terkini

Banjir Bandang di Garut, 21 Rumah Rusak

Minggu, 28 November 2021 | 08:42 WIB

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X