Sempat Tertahan di Riyadh, Pekerja Migran Asal Cianjur Akhirnya Bisa Dipulangkan

- Senin, 14 Maret 2022 | 06:15 WIB
Proses pemulangan WNI yang sakit dari Arab Saudi. (suaramerdeka.com / dok JQR)
Proses pemulangan WNI yang sakit dari Arab Saudi. (suaramerdeka.com / dok JQR)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Setelah sempat tertahan, pekerja migran dan keluarganya asal Cianjur, akhirnya bisa dipulangkan dari Riyadh, Arab Saudi.

Pemulangan pekerja migran itu dilakukan atas instruksi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil guna menyelesaikan masalah warga yang tertahan di Arab Saudi.

Sebelumnya, pekerja migran yang terdiri dari satu keluarga atas nama Maisaroh dan dua anaknya tak bisa pulang ke tanah air.

Penyebabnya, selain tak punya ongkos pulang, salah satu puteranya memiliki masalah kesehatan dan terkendala administrasi kependudukan.

Baca Juga: Liga Jerman: Gol Tunggal Wolf Bawa Borussia Dortmund Kalahkan Arminia Bielefeld

“Selain mengawal proses pemulangan mereka, proses pemulihan dan pengobatan anaknya juga diminta diprioritaskan," kata Ketua Umum Jabar Quick Response (JQR) Bambang Trenggono, akhir pekan lalu.

Pemulangan melibatkan sejumlah OPD di antaranya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Sosial (Dinsos), dan juga Dinas Kesehatan serta Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), dan Rehabilitasi Sosial Balai Ciungwanara Kemensos.

Berdasarkan penanganan, putra pekerja migran itu yang bernama Anwar yang berusia 10 tahun didiagnosa menderita tumor ganas.

Sebelumnya, biaya pengobatan Anwar itu sempat dibantu oleh majikan Maisurah dan pihak KBRI Arab Saudi. Melalui KBRI pula keinginan pulang itu dilontarkan yang kemudian direspon Ridwan Kamil.

Baca Juga: Doni Salmanan Tersangka, Aset Disita, Ini Rekam Prosesnya, Mobil Porsche Ex Arief Muhammad dan Moge Dibawa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X