Indonesia Investasikan 5 Juta Dolar Amerika untuk Pendanaan Percepatan Pandemi Covid-19 ke CEPI

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 08:36 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya, (foto: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/)
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya, (foto: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/)

NORWEGIA, suaramerdeka.com - Indonesia memiliki kewenangan tinggi dalam Presidensi G20 Tahun 2022.

Dalam Presidensi G20 Tahun 2022, Indonesia mengangkat Tema ‘Recover Together, Recover Stronger’, salah satu fokus dari 3 fokus utama tema tersebut adalah menciptakan arsitektur kesehatan global.

Terkait hal tersebut, Indonesia mengambil langkah untuk memberikan dukungan pembiayaan sebesar 5 juta dolar Amerika guna penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pimpinan Pusat Muhammadiyah Gelar Pertemuan dengan Dubes Ukraina, Sampaikan Empati Tragedi di Ukraina

CEPI (Coalition for Pandemic Preparedness Innovations) merupakan sebuah aliansi inovasi kesiapsiagaan epidemi yang memiliki tujuan untuk menghentikan epidemi dengan langkah mempercepat vaksinasi.

“Berkat CEPI, Gavi, WHO dan UNICEF, kami berhasil mengirimkan lebih dari 353 juta vaksin ke lebih dari 192 juta orang Indonesia dalam 13 bulan. Itu sebabnya kami percaya bahwa kami harus bekerja sama, dan Indonesia siap berkomitmen pada CEPI. Komitmen kami untuk kebaikan yang lebih besar, untuk tidak meninggalkan siapa pun, dan untuk lebih mempersiapkan dunia melawan pandemi berikutnya dimulai sekarang.” Ujar Menteri Kesehatan Budi G Sadikin dalam pidatonya di Global Pandemic Preparedness Summit Oslo, Norwegia, Selasa 8 Maret 2022

Global Pandemic Preparedness Summit diselenggarakan oleh CEPI dan Pemerintah Inggris pada 7-8 Maret 2022 di Oslo, Norwegia.

Baca Juga: Satu Persatu Bukti Kasus Tangmo Mulai Terkuak, Netizen Gaungkan Hashtag Blacklist Thailand for Holiday

Selama pandemi Covid-19, CEPI menjadi pelopor dalam berbagai program pengembangan vaksin Covid-19.

Hal tersebut bertujuan untuk memajukan pengembangan klinis dari portofolio beragam kandidat Covid-19 yang aman dan efektif dan untuk memungkinkan alokasi vaksin ini secara adil di seluruh dunia melalui COVAX.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X