Indonesia dalam Menyikapi Konflik Rusia-Ukraina, Amanah Pembukaan UUD 1945 Harus Jadi Pegangan

- Jumat, 11 Maret 2022 | 09:32 WIB
konflik Rusia dengan Ukraina. (Foto: Tangkapan Layar Video)
konflik Rusia dengan Ukraina. (Foto: Tangkapan Layar Video)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pembukaan UUD 1945 harus menjadi pegangan bangsa Indonesia dalam menyikapi konflik Ukraina-Rusia.

Menurut Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat konflik tersebut harus menjadi refleksi bagi kita untuk terus menggali nilai kebangsaan dan menerapkannya.

"Konflik Ukraina-Rusia tidak hanya menghadirkan perang bersenjata, tetapi juga perang di berbagai sektor yang berdampak pada banyak negara dunia, termasuk Indonesia," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Mengkaji Perkembangan Terkini Ukraina-Rusia Dalam Perspektif Kepentingan dan Keamanan Nasional yang digelar oleh Forum Diskusi Denpasar 12, baru-baru ini.

Baca Juga: Tanggal 11 Maret 2022 Masuk Weton Jumat Legi, Memeliki Deretan Sifat Buruk, di Antaranya Mudah Curiga

Diskusi yang dimoderatori Luthfi Assyaukanie PhD (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah) itu menghadirkan Suryopratomo (Duta Besar RI untuk Singapura -Wartawan Senior), Dr Connie Rahakundini Bakrie (Pengamat Militer dan Pertahanan Keamanan), Ir Romie Oktovianus Bura MEng MRAes PhD (Pakar Teknologi Pertahanan, UNHAN) dan Marten Hanura S IP MPS (Dosen Hubungan International Univ. Diponegoro) sebagai narasumber.

Lestari mengatakan konflik Ukraina-Rusia yang berdampak pada terjadinya 'perang' di sejumlah sektor, juga harus bisa menjadi bahan pembelajaran bagi bangsa kita.

Karena itu, Lestari sangat berharap, bangsa kita harus benar-benar mencermati kondisi tersebut dan segera mempersiapkan berbagai langkah agar mampu menjawab berbagai tantangan di masa datang.

Baca Juga: Tanggal 11 Maret 2022 Masuk Weton Jumat Legi, Punya Tipikal Jarang Mengeluh

Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo yang pada diskusi itu berbicara dalam kapasitasnya sebagai wartawan senior, sependapat bahwa konflik Rusia-Ukraina akan berdampak global sehingga harus dicermati.

Indonesia, tambahnya, tidak bisa menganggap enteng dampak konflik Ukraina dan Rusia. Karena, tegas Suryopratomo, konflik yang terjadi antara kedua negara tersebut, berpotensi mengimbas pada stabilitas kawasan Asia, termasuk di Laut China Selatan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X