Dua KA Baru untuk Optimalkan Rute Potensial

- Senin, 14 Juni 2021 | 20:09 WIB
PERESMIAN: Pengoperasian layanan angkutan logistik kereta api yang menghubungkan Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dengan Stasiun Kalimas.(BUMN.go.id)
PERESMIAN: Pengoperasian layanan angkutan logistik kereta api yang menghubungkan Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dengan Stasiun Kalimas.(BUMN.go.id)

kereta

BANDUNG, suaramerdeka.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali yang berimbas pada jadwal perjalanan yang belum sepenuhnya normal, dua kereta api (KA) gres diluncurkan mulai akhir Juni mendatang.

Kedua KA tersebut adalah KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung Pp dan KA Nusa Tembini yang melayani rute Cilacap-Yogyakarta Pp.

Jubir PT KAI Pusat, Joni Martinus menyatakan penggelaran dua perjalanan itu relatif tak istimewa selain menjadi bagian memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Tekan Lonjakan Covid, Salatiga Stop Kegiatan Kunjungan Kerja

Selebihnya, operator plat merah itu ingin memanfaatkan ceruk pasar yang dinilai mampu memberikan kontribusi positif. Kedua rute cukup memberikan daya tawar.

"Dua KA tersebut untuk mengoptimalkan pendapatan dari sisi angkutan penumpang dengan menjalankan KA pada rute-rute yang potensial," katanya saat dihubungi Senin (14/6).

Untuk relasi Purwokerto-Bandung, sebenarnya BUMN transportasi tersebut sudah dilayani KA Serayu. Bedanya, KA ekonomi subsidi itu melalui jalur selatan via Tasikmalaya.

Rute itu kebalikan dari layanan yang diberikan Baturraden Ekspres yang menjalankan perjalanan kedua kota tersebut melalui jalur utara. Rangkaian kereta tersebut akan melewati Cirebon dan Cikampek.

Secara jarak tempuh, kedua kereta itu hanya mempunyai selisih hampir setengah jam. Baturraden mempunyai waktu tempuh 6 jam 24 menit sedangkan Serayu 6 jam 52 menit.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X