NasDem Batal Gelar Konvensi Capres 2024, Ini Kata Surya Paloh

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 11:48 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Instagram @Suryapaloh.id)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Instagram @Suryapaloh.id)

SURABAYA, suaramerdeka.com – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan bahwa partainya batal menggelar konvensi penjaringan calon presiden dan calon wakil presiden untuk ajang Pemilu 2024.

“Konvensi saya anggap selesai dan Partai NasDem tak akan menyelenggarakannya. Ini agar tidak terjadi kesimpangsiuran,” kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Surabaya, dikutip dari Media Center Partai NasDem, belum lama ini.

Batalnya Konvensi Capres 2024 NasDem tersebut berkaitan dengan Presidential Threshold atau syarat untuk pencalonan presiden dan wakil presiden yang diatur memiliki minimal 20 persen kursi di DPR RI atau 25 persen suara sah nasional.

Baca Juga: Ini Loh 4 Keunggulan Beralih ke TV Digital, Dijamin Gak Bakal Bikin Ragu

Suara Partai NasDem tidak cukup untuk ajukan Capres sendiri karena hanya memiliki 9,6 persen pada Pemilu 2019.

Jadi, perlu untuk membentuk koalisi dengan partai politik lain gar dapat mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Kami sangat perlu koalisi. Tapi sayang seribu sayang, banyak partner yang masih sibuk ingin jadi presiden. Jadi, untuk apa diteruskan konvensi?” sambung Surya Paloh.

Baca Juga: Mawar AFI Diajak Teman Prianya Nge-Gym hingga Nikah, Sudah Move On?

Pemilu 2024 memang masih cukup lama namun manuver elit partai politik untuk menyambut gelaran Pemilu 2024 sudah mulai terasa.

Partai NasDem dikabarkan akan melakukan Rembuk Nasional via Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15-17 Juni mendatang yang salah satu agendanya membahas pencalonan presiden pada Pemilu 2024.***

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X