MI Yaumi dan MTs Sabilurrohman Dicanangkan Jadi Madrasah Digital

- Kamis, 24 Februari 2022 | 09:48 WIB
Siswa madrasah di Desa Ringinharjo, Kecamatan Gubuk, Kabupaten Grobogan, belajar menimba ilmu memanfaatkan teknologi berbasis internet. (suaramerdeka.com / dok sekolah)
Siswa madrasah di Desa Ringinharjo, Kecamatan Gubuk, Kabupaten Grobogan, belajar menimba ilmu memanfaatkan teknologi berbasis internet. (suaramerdeka.com / dok sekolah)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yaumi dan Madrasah Tsanawi (MTs) Sabilurrohman Desa Ringinharjo, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, dicanangkan oleh pengelolanya sebagai madrasah digital.

Meskipun kedua madrasah tersebut berada di pelosok Kabupaten Grobogan yang berbatasan dengan Kabupaten Demak, namun telah menjadi madrasah yang mengglobal, karena pemanfaatan teknologi informasi berbasis internet.

Kepala MI Yaumi, Saifudin menjelaskan, deklarasi madrasah digital tersebut ditandai dengan dimulainya pelaksanaan pembelajaran digital dan diopersikannya perpustakaan digital.

"Digitalisasi menjadi hal penting di era saat ini. Terlebih dengan adanya pembatasan akibat pandemi Covid-19. Teknologi Digital jadi jembatan untuk segala aktivitas dan manfaat teknologi digital juga telah dinikmati masyarakat yang tinggal dipelosok, termasuk kami," kata Saifudin.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 24 Februari 2022: Bikin Haru, Aldebaran Angkat Nenek Penolong Reyna Jadi Keluarga

Saifudin menjelaskan, MI Yaumi dan MTs Sabilurrohman Desa Ringinharjo berada dalam payung satu yayasan, yang awalnya tidak menyangka bakal menjadi madrasah digital.
Apalagi mereka berada di daerah pelosok yang mengalami keterbatasan jaringan internet.

"Sebagian besar jalan utama di desa kami ini masih bebatuan alias bekas aspal rusak. Namun, hal itu tidak menggerus semangat kami untuk melakukan digitalisasi pembelajaran," ujarnya.

Saat ini para guru telah mampu mengadakan pembelajaran berbasis digital, memanfaatkan ribuan modul-modul dalam bentuk digital yang sudah disiapkan.

"Ini membuat tugas guru menjadi mudah dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan bagi para siswa,'' jelas Saifudin.

Baca Juga: Pengprov Paramotor Jateng Siapkan Tim ke Kejurnas, Meriahkan HUT Ke-76 TNI AU

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X