Ini Syarat untuk Bisa Cairkan JHT Sebelum Usia 56 Tahun

- Rabu, 23 Februari 2022 | 16:41 WIB
Menaker Ida Fauziyah. (suaramerdeka.com / dok)
Menaker Ida Fauziyah. (suaramerdeka.com / dok)

BEKASI, suaramerdeka.com - Peserta program BPJS Ketenagakerjaan ternyata masih bisa mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sebelum usia 56 tahun.

Pencairan dana JHT berdasarkan aturan baru bisa dicairkan dengan tiga ketentuan. Pertama, usia peserta memasuki usia pensiun 56 tahun.

Kedua, peserta mengalami cacat total tetap yang menyebabkan dirinya tidak bisa lagi bekerja. Ketiga, JHT dapat juga diberikan kepada ahli waris sesuai dengan ketentuan apabila peserta meninggal dunia.

Baca Juga: Logo Film Satria Dewa: Gatotkaca Mirip Captain Marvel, Ini Reaksi Netizen 

“Adanya perubahan ketentuan pengambilan JHT ini sebenarnya untuk memastikan kesejahteraan peserta/keluarganya di masa depan saat peserta memasuki hari tua atau mencapai usia tidak produktif, dan bukan ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan yang sifatnya jangka pendek di usia produktif,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bekasi Kota Herry Subroto.

Melalui perubahan ini diharapkan manfaat JHT secara jumlah lebih optimal dapat dirasakan oleh peserta dan hari tua peserta lebih sejahtera.

Untuk itulah, BPJS Ketenagakerjaan butuh waktu yang lebih panjang untuk mengatur return agar lebih optimal, sehingga kebijakan mengunci dana tersebut dapat diambil pada usia 56 tahun sudah tepat.

Baca Juga: Percaya Bawa Kesan Tesendiri, Berikut Deretan Artis yang Memilih Melahirkan di Tanggal Cantik

“Karena dana JHT ini merupakan dana untuk hari tua pekerja, bukan sebagai dana darurat pekerja,” jelasnya.

Menurutnya, dana JHT yang menjadi hak peserta tetap aman dan dikelola dengan transparan serta mengutamakan prinsip kehati-hatian dengan pemberian imbal hasil yang kompetitif.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X