Kasus Covid-19 Bisa Turun Signifikan, Menlu Retno Ungkapkan Data

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 09:48 WIB
Proses vaksinasi Covid-19 di UAD. (Foto Istimewa)
Proses vaksinasi Covid-19 di UAD. (Foto Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan sejumlah negara telah membuktikan vaksinasi secara luas berhasil menurunkan angka penyebaran virus secara signifikan.

Semakin luas cakupan vaksinasi Covid-19 semakin rendah tingkat penularan sehingga angka kasus harian menurun drastic.

Menlu mencontohkan di kawasan Eropa, yakni Inggris misalnya mampu menurunkan kasus harian dari 60 ribu menjadi hanya 5.000-an kasus per hari, setelah dosis vaksin cakupan vaksinasi Covid-19 negara itu mencapai 101,51 persen dari populasi.

Contoh lainnya adalah Amerika Serikat yang mampu menurunkan kasus baru per harinya dari sekitar 300 ribu menjadi 12 ribu per hari, setelah dosis vaksin yang diberikan mencapai 91,57 persen populasi.

Baca Juga: Bupati Kudus Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan Tekan Penyebaran Covid-19

“Kita semua memahami bahwa vaksin adalah salah satu ikhtiar penting dan krusial dalam upaya menekan laju penularan virus Covid-19,” ujarnya.

Namun, menurut Menlu Retno, sebelum mencapai angka persentase vaksinasi yang besar upaya untuk menekan laju penyebaran virus masih harus dibarengi dengan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat.

Menlu Retno mengingatkan, pandemi Covid-19 masih jauh dari selesai. Hingga saat ini hampir 175 juta orang di seluruh dunia terinfeksi dan lebih dari 3,7 juta telah kehilangan nyawanya.

Pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengatasi pandemi ini termasuk melalui vaksinasi dan pelaksanaan protokol kesehatan.

Dukungan penuh masyarakat akan menjadi elemen penting berhasilnya upaya ini.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawa Melandai Pelan-Pelan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 02:59 WIB
X