Vaksinasi Ikhtiar Penting dalam Menekan Laju Covid-19, Menlu: Pemerintah Terus Pastikan Pasokan

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 08:36 WIB
Menlu Retno Marsudi. (suaramerdeka.com / dok)
Menlu Retno Marsudi. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Vaksinasi adalah salah satu ikhtiar penting dan krusial dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19.

Pemerintah disebut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi terus berikhtiar dan bekerja keras mengamankan pasokan vaksin untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Sekali lagi, upaya memastikan pasokan vaksin baik dari jalur bilateral maupun multilateral akan terus dilakukan oleh pemerintah.”

“Ikhtiar ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan di masa pandemi di mana pasokan vaksin masih sangat terbatas, sementara kebutuhan dunia akan vaksin sedemikian besarnya,” ujarnya dalam keterangan pers menyambut kedatangan 1,5 juta dosis vaksin jadi produksi AstraZeneca.

Baca Juga: Tangani Covid-19, Wali Kota Semarang Siap Berikan yang Terbaik

Menlu mengungkapkan, beberapa negara yang telah melakukan vaksinasi secara luas terbukti mampu menurunkan angka penyebaran virus secara signifikan.

Indonesia sendiri menargetkan pemberian vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk atau 70 persen dari populasi penduduk untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

“Di Eropa, Inggris misalnya, telah mampu menurunkan kasus harian menjadi angka 5 ribu dari sebelumnya 60 ribu kasus per hari, setelah dosis vaksin yang diberikan mencapai 101,51 persen populasi.”

“Di kawasan Amerika, Amerika Serikat mampu menurunkan kasus per harinya dari sekitar 300 ribu menjadi 12 ribu per hari, setelah dosis vaksin yang diberikan mencapai 91,57 persen populasi,” tandasnya.

Baca Juga: Pasien Sembuh dari Covid-19 Tambah 6.230 Orang, Jawa Tengah Sumbang 769 Kasus

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X