Tangki Pertamina Cilacap yang Terbakar Tidak Berisi Produk BBM

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 06:05 WIB

CILACAP, suaramerdeka.com - Tangki yang terbakar di Pertamina RU IV Cilacap bukan berisi produk BBM, melainkan bahan dasar untuk Petrochemical sehingga tidak terdampak dari sisi produksi dan stok BBM.

Hatim Ilwan, Area Manager Communication Relation &CSR Pertamina RU IV Cilacap mengatakan meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM untuk masyarakat tetap aman.

Pertamina menerjunkan 50 tenaga pemadam untuk menangani kebakaran dan saat ini sudah padam tinggal melakukan pendingin agar tidak muncul api yang bisa merambat ke tangki lainnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Cerah-Berawan Sepanjang Hari

Hatim menambahkan petugas pun langsung melakukan pumping atau pengosongan tangki di sekitar tangki yang terbakar. Ada 5 tangki yang berhasil di pumping dan yang terbakar adalah tangki paling kecil. 

"Kami lakukan antisipasi dengan mengecek seluruh tangki dimana kita memiliki 200 tangki dan yang terbakar itu isinya setengah juta liter kapasitasnya dan terisi saat kejadian hanya sepertiganya," katanya. 

Terkait penyebab, Hatim belum bisa menyampaikan karena masih harus dilakukan penyelidikan. Tapi Hatim mengungkapkan saat terjadi kebakaran, Cilacap sedang diguyur hujan lebat disertai petir.

Baca Juga: Indonesia Terus Galang Dukungan Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan berterima kasih respon masyarakat sekitar membuat suasana kondusif sehingga tidak ada kepanikan yang berlebihan. 

Diketahui Refinery Unit IV Cilacap merupakan salah satu dari 7 jajaran unit pengolahan di tanah air, yang memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348.000 barrel/hari, dan terlengkap fasilitasnya. 

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB

PTM Tak Akan Disetop

Jumat, 24 September 2021 | 01:10 WIB

Membudidayakan Klanceng agar Sejahtera

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB

Jokowi Tidak Ingin Ada Konflik Agraria di Banyak Daerah

Kamis, 23 September 2021 | 13:20 WIB
X