Ada Letusan Berkali-kali, Status Anak Krakatau Belum Perlu Dinaikkan

- Kamis, 10 Februari 2022 | 06:45 WIB
Anak Gunung Krakatau (Dok BPBD Banten)
Anak Gunung Krakatau (Dok BPBD Banten)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kendati sempat mengeluarkan letusan berkali-kali, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menyebut bahwa kondisi tersebut belum bisa jadi dasar menaikkan status aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berstatus Waspada, dan Kepala Badan Geologi ESDM, Eko Budi Lelono, pihaknya membutuhkan penilaian menyeluruh.

Meski demikian, merujuk hasil pengamatan termuktahir, indikasinya belum kuat di mana status Gunung Anak Krakatau untuk dinaikan ke Siaga.

"Belum perlu karena perlu mengevaluasi data secara menyeluruh untu mengestimasi potensi ancaman bahayanya ke depan," katanya saat menjelaskan kondisi terkini Gunung Anak Krakatau secara daring, Rabu, 9 Februari 2022.

Baca Juga: Musyawarah Kota VII Kadin Kota Semarang, UMKM Akan Didorong untuk Ekspor

Berdasarkan data pemantauan terkini, katanya, volume intrusi magma di Gunung Anak Krakatau saat ini belum besar dari indikasi seismik, deformasi dan kandungan belerang.

Hal itu pun diperkuat kondisi terkini Gunung Anak Krakatau, yang menurut Kepala PVMBG, Andiani, kepulan asap dari kawah gunung tak terpantau.

Tren tersebut berbeda dibandingkan pekan lalu ketika asap membumbung secara menerus.

"Meski demikian, kondisi tersebut jangan membuat kita kehilangan kewaspadaan. Kehati-hatian penting, apalagi dalam mencerna informasi seperti hoaks," katanya.

Baca Juga: Ramalan Shio Tikus 2022; Kiat Sukses Shio Tikus di Tahun 2022 atau Macan Air

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB

Ini 4 Quotes Para Tokoh Terkait Peringatan 1 Abad NU

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:42 WIB
X