Menkes: Air Kemasan Galon Polikarbonat Aman untuk Digunakan

- Kamis, 27 Januari 2022 | 13:57 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa air kemasan galon guna ulang aman untuk digunakan. (suaramerdeka.com / dok Kemenkes)
Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa air kemasan galon guna ulang aman untuk digunakan. (suaramerdeka.com / dok Kemenkes)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa air kemasan galon guna ulang aman untuk digunakan, baik oleh anak-anak dan ibu hamil.

Menurut Menkes, isu-isu seputar bahaya penggunaan air kemasan air guna ulang yang dihembuskan pihak-pihak tertentu adalah hoax.  
 
Hal itu disampaikan Menkes saat ditanyakan apakah air kemasan galon guna ulang aman untuk dikonsumsi masyarakat terutama anak-anak dan ibu hamil seperti yang dihembuskan beberapa pihak.

“(air kemasan galon guna ulang) Aman. Itu (isu bahaya air kemasan galon guna ulang) hoax,” tandasnya.

Baca Juga: Imlek Selalu Dikaitkan dengan Hujan? Berikut Logikanya dan Penjelasannya

Konfirmasi Menteri Kesehatan ini memperkuat pendapat pakar polimer, pakar kesehatan dan pengamat kebijakan yang menyatakan kemanan kemasan air berbahan polikarbonat (PC).

Beberapa pengamat media dan pengamat kebijakan publik dan juga Kementerian Perindustrian juga sudah mendorong BPOM untuk tidak mengeluarkan kebijakan diskriminatif terhadap salah satu kemasan pangan hanya karena kampanye negatif yang disebarkan oleh beberapa kelompok dan buzzer di media sosial.

Kampanye negatif ini diduga kuat bernuansa kepentingan bisnis di belakangnya.

Selain Kominfo yang sudah mengkategorikan bahaya BPA pada galon polikarbonat sebagai hoaks disinformasi, dunia kedokteran dan pakar kimia pun memberikan pendapatnya terkait BPA yang terdapat dalam galon guna ulang ini.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 27 Januari 2022: Iqbal Pilih Bungkam Meski di bawah Ancaman Aldebaran dan Rendy

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP mengatakan belum ada bukti air galon guna ulang menyebabkan penyakit kanker.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X