Baru Dibuka Sebagian, Seksi I Tol Cisumdawu Pangkas 2 Titik Kemacetan

- Kamis, 27 Januari 2022 | 07:15 WIB
Tol Cisumdawu dijajal sebelum dioperasikan. Progres capai lebih 90 persen. (suaramerdeka.com / Humas Provinsi Jawa Barat)
Tol Cisumdawu dijajal sebelum dioperasikan. Progres capai lebih 90 persen. (suaramerdeka.com / Humas Provinsi Jawa Barat)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Meski pengoperasian Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) baru sebagian dengan dibukanya Seksi I antara Cileunyi-Pamulihan, efeknya dinilai sudah terasa.

Kehadiran Tol Cisumdawu mampu menjadi solusi atas kepadatan lalu lintas yang sebelumnya terjadi di jalur arteri sehingga menghambat waktu perjalanan.

Selama dua pekan, mulai pekan ini, Tol Cisumdawu Seksi I digratiskan pengggunaannya sebelum dikenakan tarif Rp 1.000 per Km untuk kendaraan Golongan I.

"Seksi satu, lumayan bisa memangkas titik kemacetan di Jatinangor dan Tanjungsari," kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari saat menjajal tol paling gres di Jabar itu seperti dalam keterangannya, Rabu 26 Januari 2022.

Baca Juga: 2024 Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional, Jateng Berpotensi Juara Umum MTQ

Dengan kondisi tersebut, anggota dewan kelahiran Semarang itu pun optimis kehadiran jalan tol itu, terutama pada saat sudah beroperasi penuh bisa memberikan dampak signifikan terutama bagi mobilitas barang dan jasa.

Tak hanya Seksi I, Ineu bersama koleganya juga menyempatkan diri untuk mengecek progres pembangunan tol tersebut hingga dua seksi lainnya yakni Pamulihan-Sumedang dan Sumedang-Cimalaka.

Merujuk hasil kunjungannya tersebut, pihaknya optimis Seksi II dan III bisa segera menyusul digunakan.

Penyempurnaan memang masih dilakukan meski secara kesiapan relatif tak ada masalah.

Baca Juga: Pangsit Lambang Uang dan Keberuntungan, Hidangan Wajib Perayaan Tahun Baru Imlek

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X