Setelah Ibu Kota Negara Pindah, Ketua DPRD Berharap Jakarta Seperti New York

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:48 WIB
Ibu Kota Negara yang baru, Nusantara. (foto: pikiran rakyat)
Ibu Kota Negara yang baru, Nusantara. (foto: pikiran rakyat)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ibu Kota Negara dari Jakarta resmi dipindahkan ke wilayah Penajam Paser Utara Kalimantan Timur (Kaltim), yang saat ini bernama Nusantara.

Payung hukum pemindahan ibu kota negara ini adalah DPR yang telah mengesahkan RUU Ibu Kota Negara (IKN) menjadi Undang-Undang (UU) pada Rapat Paripurna.

Adapun pemindahan ibu kota negara, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi berharap ke depan Jakarta mampu menjadi pusat bisnis layaknya New York di Amerika Serikat.

Baca Juga: Pelat Nomor Putih dan Pemasangan Chip Akan Segera Diberlakukan, Polri: Tanpa Dipungut Biaya

“Sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta saya menilai Jakarta tetap istimewa nantinya yang memiliki kekhususan seperti kota New York yang telah sukses sebagai pusat bisnis," kata Prasetyo Edi Marsudi dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Januari 2022.

Hal ini dikarenakan Prasetya Edi Marsudi beranggapan banyak negara hebat yang berhasil memisahkan antara kota yang akan dijadikan pusat pemerintahan dan pusat bisnis hingga akhirnya dapat fokus melaksanakan pembangunan.

Selain New York, Turki juga menjadi salah satu contoh setelah fokus pemerintahannya dipindahkan ke kota Ankara dari Istanbul.

Baca Juga: Berusia 167 Tahun, Jembatan Brawijaya Kediri Siap Diberi Sentuhan Kekinian

“Jika Jakarta kedepan menjadi pusat bisnis, maka akan fokus pada perekonomian. Dengan begitu Jakarta menjadi jantung baru untuk masa depan Indonesia," tutur Prasetya Edi Marsudi.

Prasetya Edi Marsudi juga berpendapat bahwa perpindahan Ibu Kota sama dengan mengurangi beban Jakarta yang menyandang sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X