Sindikat Penyelewengan BBM Bersubsidi Dibongkar Mabes Polri dan Pertamina

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:24 WIB
Aksi curang penyelewengan BBM bersubsidi yang beroperasi di Pelabuhan Seleko Kabupaten Cilacap dibongkar. (suaramerdeka.com / Modesta Fiska)
Aksi curang penyelewengan BBM bersubsidi yang beroperasi di Pelabuhan Seleko Kabupaten Cilacap dibongkar. (suaramerdeka.com / Modesta Fiska)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Aksi curang penyelewengan BBM bersubsidi yang beroperasi di Pelabuhan Seleko Kabupaten Cilacap berhasil dibongkar.

Ditpolairud Korpolair Baharkam Polri bersama Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah mengamankan sebanyak 73,7 kilo liter (KL) BBM jenis Biosolar B30.

Saat gelar kasus di TBBM Pengapon Semarang, Jumat 21 Januari 2022 terungkap bahwa ada kejanggalan pada aktivitas pengisian BBM jenis Biosolar B30 di Pelabuhan Seleko ke kapal penangkap ikan KM Maju Abadi.

Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Yasin Kosasih mengatakan, dari aktivitas ilegal itu diketahui gudang penyimpanan ada di wilayah Karang Cilacap dan di daerah Bergas Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Berkaca dari Insiden Balikpapan, Ini 3 Titik Rawan Kecelakaan di Kota Semarang

Gudang milik PT Sinar Harapan Mulia (SHM) ini menjual BBM Bersubsidi dengan harga keekonomian atau sesuai harga BBM untuk industri.

Empat tersangka diketahui sudah ditahan yakni HN, MCF, K dan TDW selaku pemilik PT SHM.

''Modus operandinya hampir sama dengan yang sebelumnya di Tegal di mana mereka jalan malam hari dengan mobil sudah dimodifikasi untuk menampung BBM. Selanjutnya dibawalah ke pelabuhan di Jateng untuk dijual terutama ke kapal penangkap ikan,'' ungkap Yassin

Saat ini barang bukti sudah diamankan berupa sembilan unit truk modifikasi, satu unit mobil modifikasi serta 36 buah penampungan BBM berkapasitas 1 KL.

Baca Juga: Penyabar Namun Berambisi, Ini Watak Baik dan Buruk Sosok Weton Sabtu Pon

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X