RK-Khofifah Makin Mesra Bangun Simbiosis Jabar-Jatim

- Kamis, 20 Januari 2022 | 14:59 WIB
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. (suaramerdeka.com/dok)
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. (suaramerdeka.com/dok)

SURABAYA, suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa kembali menunjukan kedekatannya sebagai kepala daerah.

Meski tak bisa menolak anggapan yang muncul, pertemuan itu diharapkan tak dikait-kaitkan dengan bursa figur menjelang Pilpres 2024.

Sebelumnya pada April-Mei 2021, keduanya sempat saling berbalas kunjungan ke ibukota provinsi masing-masing.

Baca Juga: Siaran TV Digital Masih Patah-Patah atau Kurang Jernih?Simak Petunjuknya Disini

Dikemas dalam giat kesepakatan bersama antara Pemprov Jabar-Jatim, keduanya ingin optimalisasi pengembangan potensi daerahnya bisa bergulir mulus.

"Bukan apa-apa, dari sisi jumlah penduduk saja, Jabar 50 juta, Jatim 40 juta jiwa, itu menjadi 30 persen kekuatan ekonomi nasional," katanya didampingi Khofifah usai meneken naskah kerjasama tersebut di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (20/1).

Menurut dia, langkah tersebut sejalan pula dengan kebijakan Presiden Jokowi di antaranya soal hilirisasi industri, green economy, dan economy digital.

Baca Juga: Ricky Zainal Selingkuh, Kakak Lola Diara: Jangan Play Victim Allah Tidak Tidur

Khusus ekonomi hijau, Emil menginginkan kedua provinsi bisa ambil bagian dalam langkah strategis. Salah satunya ikut mendukung ekosistem kendaraan listrik.

Untuk manufaktur, jelasnya, Jabar sudah mengambil porsi bagi kehadiran pabrikan. Jatim sendiri diarahkan untuk menunjang kebutuhan komponen baterainya yang tak kalah vital.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X