Rest Area Jalan Tol Akan Dibangun Fasilitas Penginapan, Durasi Menginap Maksimal 12 Jam

- Senin, 17 Januari 2022 | 13:43 WIB
Rest Area Jalan Tol Akan Dibangun Fasilitas Penginapan, dengan Durasi Menginap Maksimal 12 jam. (foto: instagram: @restarea429) (Instagram/@restarea429)
Rest Area Jalan Tol Akan Dibangun Fasilitas Penginapan, dengan Durasi Menginap Maksimal 12 jam. (foto: instagram: @restarea429) (Instagram/@restarea429)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian PUPR sudah memberikan izin untuk tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di jalan tol dilengkapi dengan fasilitas penginapan. Namun penginapan yang disediakan adalah tipe penginapan yang hanya berdurasi maksimal 12 jam.

Pada Pasal 39 ayat 1 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol menyebutkan TIP antarkota tipe A dapat dilengkapi dengan fasilitas inap untuk beristirahat sementara guna mengatasi kelelahan pengguna jalan tol saat mengemudi.

Sesuai dengan peraturan menteri tersebut, fasilitas inap harus memenuhi ketentuan antara lain jumlah kamar paling banyak 100 unit dan disewakan paling lama 12 jam.

Baca Juga: Varian Omicron Terdeteksi Tidak Bergejala, Kemenkes Imbau Masyarakat Taat Prokes

Selain itu, TIP antarkota harus dilengkapi area parkir yang disediakan terpisah dengan parkir TIP.

Sementara itu, dalam pengembangan rest area ini anak usaha PT Jasa Marga Tbk, PT Jasamarga Related Business (JMRB) telah menandatangani nota kesepahaman pengembangan TIP dengan Omega Hotel Management (OHM), sebagai bagian dari Alfaland Group.

“Dengan adanya Peraturan Menteri PUPR tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan, karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” ujar Cahyo Satrio Prakoso, Direktur Utama PT JMRB.

Baca Juga: Marak Penggunaan NFT di Indonesia, Kementerian Kominfo Akan Mengawasi Ketat

"Pembangunan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB dan OHM, dengan identifikasi awal untuk ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas inap ini adalah jaringan Jalan Tol Trans-Jawa. Target utama kami tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus atau jarak jauh, demi keamanan dan keselamatan perjalanan mereka," ujar Cahyo Satrio Prakoso.

Hal ini dikonfirmasi Cahyo karena banyak pengendara yang selama ini membutuhkan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya, harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X