Masih Level Siaga, Peta KRB Gunung Semeru Dimutakhirkan PVMG

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 07:15 WIB
Kepala PVMBG, Andiani secara daring saat merilis Peta KRB Gunung Semeru 2022, Jumat 13 Januari 2022. (suaramerdeka.com / dok PVMBG)
Kepala PVMBG, Andiani secara daring saat merilis Peta KRB Gunung Semeru 2022, Jumat 13 Januari 2022. (suaramerdeka.com / dok PVMBG)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan peta kawasan rawan bencana (KRB) terbaru atas potensi bahaya Gunung Api Semeru (3.676 mdpl) di perbatasan Malang dan Lumajang.

Langkah PVMBG tersebut tak terlepas dari letusan besar Gunung Semeru pada awal Desember 2021, sehingga sendiri berada di level Siaga.

Bahkan, PVMBG menyebut, potensi awan panas guguran dari Gunung Semeru yang kerap disebut puncak Jonggrng Saloko masih belum mereda.

"Ada perubahan tipe, besaran, dan karakteristik erupsi sehingga terjadi perluasan dampak potensi bahaya gunung api. Peta KRB ini semata-mata untuk mengurangi risiko bencana gunung api," kata Kepala PVMBG, Andiani secara daring saat merilis Peta KRB Semeru 2022, Jumat 13 Januari 2022.

Baca Juga: Pingin Kaya Seperti Ghozali Everyday, Baca Doa dari Habib Novel Alaydrus Setiap Habis Sholat

Dengan perubahan tersebut, ada sejumlah konsekuensi yang mesti dipatuhi, di antaranya kawasan yang harus dikosongkan terutama untuk permukiman.

KRB Gunung Semeru dengan skala 1:25 ribu ini relatif tak berubah yakni fokus di kawasan tenggara, tepat bukaan kawah.

KRB baru Gunung Semeru itu ditandai penambahan perluasan cakupan dari 72,16 hektare, yang dibuat pada 1996 menjadi 80,43 hektare atau bertambah 12,5 hektare.

Karenanya, ada zona yang sebelumnya termasuk KRB 2 masuk ke level paling rawan, KRB 3, yang meliputi Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Untuk Pronojiwo, desa yang terdampak adalah Supit Urang dan Oro-oro Ombo yang masing-masing lebih meluas 9,19 Km persegi dan 0,03 Km persegi sedangkan di Candipuro mencakup Sumber Wuluh dengan perluasan penambahan 3,28 Km persegi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X