Perlu Restorasi Sejumlah Kebijakan dalam Transformasi Politik Humanis

- Jumat, 14 Januari 2022 | 06:15 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok pribadi)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok pribadi)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Diperlukan restorasi kebijakan publik untuk melakukan transformasi politik yang lebih humanis.

Selain itu, restorasi kebijakan publik itu juga mengacu pada nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan upaya memperkuat nilai-nilai kebangsaan, harus terus dilakukan untuk mengantisipasi sejumlah tantangan dalam bernegara yang ujungnya adalah terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Saat ini kita memerlukan sejumlah kebijakan yang mampu mengantisipasi berbagai perubahan, lewat berbagai penyesuaian terhadap norma-norma baru yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Menuntaskan Agenda Politik di Tahun 2022 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu, 12 Januari 2022.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Mendapat Tawaran Tanah Seluas 5 Hektare, Ini Syaratnya

Diakui Rerie, sapaan akrab Lestari, pada dua tahun terakhir Indonesia, seperti juga negara lain, dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk sektor politik.

"Kita harus segera mendapatkan jalan keluar dari berbagai persoalan yang ada saat ini, dengan merangkul semua komponen masyarakat agar mampu menjawab berbagai tantangan dalam bernegara," ujar Rerie.

Pakar Politik FISIP Unair, Airlangga Pribadi berpendapat, menurunnya indeks demokrasi di masa pandemi tidak dialami Indonesia saja, tetapi hampir semua negara di dunia.

Akar masalah dari penurunan indeks demokrasi itu, ujar Airlangga, tidak terlepas dari problem ekonomi yang dihadapi sebagai dampak dari kebijakan pengendalian Covid-19.

Baca Juga: Cegah Kebakaran Hutan, Pesawat Tanpa Awak Siap Patroli

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tagar Giring Trending di Twitter, Ini Penyebabnya

Kamis, 6 Januari 2022 | 22:28 WIB

Fokus di Kabinet, Airlangga Tak Akan Mundur

Sabtu, 1 Januari 2022 | 18:32 WIB
X