NU Bukan Alat Politik PKB, Tetapi PKB-lah Alat Politik NU

- Minggu, 2 Januari 2022 | 19:37 WIB
Ketua PCNU Kabupaten Demak KH Muhammad Aminudin memberikan sambutan saat peringatan Haul Ke-12 Gus Dur di kantor DPC PKB Demak, kemarin. (SM/Hasan Hamid)
Ketua PCNU Kabupaten Demak KH Muhammad Aminudin memberikan sambutan saat peringatan Haul Ke-12 Gus Dur di kantor DPC PKB Demak, kemarin. (SM/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Pernyataan Ketua Umum PBNU Gus Yahya Cholil Staquf bahwa NU tidak akan menjadi alat politik partai manapun termasuk PKB, menurut Ketua PCNU Kabupaten Demak KH Muhammad Aminuddin merupakan pernyataan yang tepat sehingga tidak perlu memunculkan kegelisahan di tubuh PKB.

Menurutnya, pernyataan tersebut merupakan realitas seperti yang terjadi selama ini.

Perlu dipahami, setelah NU menyatakan khittah maka NU kembali kepada jati dirinya sebagai organisasi sosial keagamaan yang fokus untuk mengurusi jamiyah.

Namun demikian, NU menyadari pentingnya perjuangan politik sehingga dibentuklah wadah bernama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga: Pria Perlu Waspada, Wanita Pemilik Weton Ini Gemar Selingkuh

"Jadi PKB itulah yang menjadi alat politik NU, bukan sebaliknya. Dibentuknya PKB untuk menjadi wadah aspirasi warga nahdliyyin dan sekaligus tempat perjuangan politiknya NU," terang KH Aminuddin saat menyampaikan sambutan pada Peringatan Haul Gus Dur Ke-12 dan Tasyakuran Muktamar NU Ke-34 yang digelar DPC PKB Demak, di kantor partai tersebut, kemarin.

Kegiatan dihadiri Ketua Rois Syuriah PCNU KH Zaenal Arifin Ma'shum, Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Gus Ali Syaqof dan para Ketua PAC PKB serta anggota Fraksi PKB DPRD Demak.

KH Aminuddin menambahkan, PKB merupakan partai yang didirikan oleh kiai-kiai NU, sehingga hubungan keduanya layaknya orang tua dengan anak yang tetap terbangun dengan baik.

Maka idealnya semua warga NU berada di PKB, akan tetapi tidak ada larangan bagi nahdliyyin untuk menentukan tempat perjuangan politiknya di partai lain.

Melihat realitas sejarah berdirinya PKB yang dimotori KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), menjadi kewajiban bagi pengurus PKB di semua tingkatan untuk menggelar haul deklator PKB yaitu Gus Dur.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024, DPD Golkar Demak Targetkan 10 Kursi

Senin, 25 April 2022 | 06:45 WIB
X