Wujud Bela Negara, ASN Diminta jadi Komponen Cadangan Tentara

- Rabu, 29 Desember 2021 | 16:29 WIB
ASN (foto: cirebon.pikiran-rakyat.com)
ASN (foto: cirebon.pikiran-rakyat.com)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi komponen cadangan sebagai wujud bela negara.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara yang diteken Tjahjo Kumolo pada 27 Desember 2021 lalu.

Para ASN diharapkan bergabung dalam pasukan Komponen Cadangan yang merupakan salah satu program dari Kementerian Pertahanan.

Baca Juga: Skuad Garuda Optimistis Kalahkan Thailand di Leg 1 Final Piala AFF 2020, Terkuak 5 Alasannya

"SE ini diperuntukkan bagi Pegawai ASN agar ikut serta dalam Pelatihan Komponen Cadangan dalam rangka mendukung upaya pertahanan negara," demikian bunyi SE tersebut.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com Rabu, 29 Desember 2021, Tjahjo Kumolo menyebut keikutsertaan ASN dalam Pelatihan Komponen Cadangan sebagai bentuk dukungan terhadap pertahanan negara.

Hal ini untuk mendukung UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional yang menjelaskan Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Baca Juga: Jelang 2 Episode Terakhir 'The Red Sleeve', Lee Jun Ho dan Lee See Young Beri Tanggapan

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X