BMKG: Ulama Mainkan Peran Strategis dalam Literasi Umat soal Kebencanaan

- Selasa, 28 Desember 2021 | 15:20 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam pemaparan saat Rapat Koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia secara virtual. (suaramerdeka.com / dok BMKG)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam pemaparan saat Rapat Koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia secara virtual. (suaramerdeka.com / dok BMKG)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan ulama memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi umat soal pencegahan dan penanggulangan bencana.

"Hal ini karena pengaruh ulama yang mampu mensyiar dan berdakwah, sehingga dapat memberikan pemahaman pada umat mengenai mitigasi bencana. Mengingat hampir seluruh wilayah Indonesia adalah daerah rawan bencana," ungkap Dwikorita saat Rapat Koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia secara virtual di Jakarta, Senin 27 Desember 2021.

Dwikorita yakin masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, akan sangat patuh dan taat terhadap para ulama.

Terlebih informasi yang disampaikan dikemas dengan nilai-nilai religiusitas.

Baca Juga: Sepanjang 2021, Polrestabes Semarang Ungkap Gangguan Kamtibmas 1.206 Kasus

Menurut Dwikorita, sinergitas ulama dan umaro (pemimpin-red) akan semakin memperkuat rencana aksi mitigasi guna menekan risiko akibat bencana alam.

"Bencana alam memang tidak bisa dihindari karena merupakan ketetapan Allah SWT, namun manusia bisa berikhtiar dan bersiap dengan segala kemungkinan untuk mengurangi risikonya," ujarnya.

Dwikorita mengaku optimistis jika semakin banyak kyai, ulama, dan pemuka agama yang menyampaikan literasi kebencanaan kepada masyarakat maka akan semakin mempercepat terwujudnya masyarakat tangguh bencana.

Dengan begitu, target zero victim apabila sewaktu-waktu Indonesia dihantam bencana juga bisa tercapai.

Baca Juga: Pemilik Sebidang Lahan di Cebolok Desak BPN Jateng Bertanggung Jawab, Terkait Sertifikat Ganda

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X