Hubdat Kemenhub: Load Factor BTS Solo dan Banyumas Paling Menggembirakan

- Selasa, 28 Desember 2021 | 09:48 WIB
Ilustrasi transportatsi publik. (suaramerdeka.com / dok Kemenhub)
Ilustrasi transportatsi publik. (suaramerdeka.com / dok Kemenhub)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Antusiasme masyarakat mengunakan angkutan massal perkotaan melalui program buy the service (BTS) Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub baru terjejak di dua kota, yakni Solo dan Banyumas.

"Load factor di Solo dan Banyumas cenderung bagus, lebih dari 111 persen, jadi penumpangnya sampai ada yang berdiri-berdiri, jadi minat masyarakat di sana menggunakannya tinggi," kata Dirjen Hubdar, Budi Setyadi kepada wartawan di Bandung, Senin 28 Desember 2021.

Untuk Solo, angkutan transportasi massal yang juga ditunjang teknologi digital itu sudah bergulir sejak tahun lalu sedangkan untuk pengoperasian di Banyumas mulai awal Desember lalu.

Pihaknya berharap tren menggembirakan tersebut bisa dipertahankan sehingga volume kendaraan pribadi bisa tereduksi guna menekan kemacetan dan polusi udara.

Baca Juga: Dolar AS Sedikit Menguat Setelah Pelaku Pasar Nilai Perekonomian Tak Terganggu

Tak hanya itu, kota-kota lain yang mendapatkan fasilitas tersebut dari pemerintah bisa terpacu untuk menggenjot jumlah penumpang yang menggunakannya.

Selain Bandung, BTS digelar pula di Surabaya yang juga akan diresmikan, Denpasar, Medan, dan Palembang.

Untuk itu, pihaknya meminta Pemda untuk kreatif melakukan terobosan dalam rangka mengubah kebiasaan masyarakat guna lebih banyak menggunakan transportasi massal dalam melakukan mobilitas dibanding kendaraan pribadi.

Salah satu kebijakan yang bisa diambil, kata Budi Setyadi adalah dengan mulai menetapkan tarif parkir mahal di kawasan yang selama ini menjadi pusat mobilitas masyarakat.

Baca Juga: Emas Tergelincir Terimbas Penguatan Dolar dan Indeks Saham AS

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X