Internal Parpol Makin Dinamis pada 2022, Pengamat: Pecah Kongsi Terbuka

- Selasa, 28 Desember 2021 | 06:15 WIB
Pengamat politik Unpad, Muradi dalam 'Outlook Politik 2022' yang digelar Indonesian Politics Research and Consulting di Anatomi Coffee Bandung. (suaramerdeka.com / Setiady Dwi)
Pengamat politik Unpad, Muradi dalam 'Outlook Politik 2022' yang digelar Indonesian Politics Research and Consulting di Anatomi Coffee Bandung. (suaramerdeka.com / Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pengamat politik Unpad, Muradi menyebut internal parpol akan benar-benar makin dinamis, termasuk pecah kongsi di antara partai pengusung Joko Widodo pada tahun depan.

Pemicunya, tahapan menuju Pemilu 2024 yang terus mendekat dan makin mencuatnya sejumlah figur capres hingga ambang batas pencalonan yang masih dalam pembahasan parpol.

Dalam pengamatannya, dua parpol besar tak luput dari gejolak tersebut.

Sebelumnya, PDI Perjuangan memunculkan persaingan di antara Puan Maharani dan Ganjar Pranowo hingga Golkar yang sekali pun mengusung Airlangga Hartanto.

Baca Juga: Cegah Lonjakan Pengunjung saat Nataru, Harga Tiket TMII Naik?

"Tak menutup kemungkinan GP yang jadi pilihan, sedangkan di Golkar ada kecenderungan posisi AH yang belum aman benar," katanya pada "Outlook Politik 2022" yang digelar Indonesian Politics Research and Consulting di Anatomi Coffee Bandung, Senin 27 Desember 2021 petang.

Menurut dia, kondisi tersebut tak terlepas dari tuntutan tahapan Pemilu mendatang, sehingga parpol harus segera menegaskan posisinya termasuk figur yang akan diusung sehingga kuda-kudanya benar-benar kuat begitu memasuki awal 2023.

"Sudah waktunya untuk melakukan penguatan terhadap yang memang mesti disegerakan. Itu mulainya sekitar pertengahan tahun depan."

"Bisa jadi, pilihan objektif termasuk mempertimbangkan sejumlah hasil survei terutama elektabilitas, bukan faktor trah akan jadi pilihan," katanya.

Baca Juga: Kadisdik Pendidikan: Guru Mampu Bentuk Perkembangan Pemahaman Siswa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X