Perayaan Natal 2021, Mahfud MD: Indonesia Negara Pancasila, Bukan Sekuler

- Senin, 27 Desember 2021 | 06:15 WIB
Menko Polhukam RI Mahfud MD. (tangkapan layar YouTube @Kemenko Polhukam RI)
Menko Polhukam RI Mahfud MD. (tangkapan layar YouTube @Kemenko Polhukam RI)

SURABAYA, suaramerdeka.com - Pada momentum perayaan Hari Natal 2021, Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) berkunjung ke Gereja Katedral Hati Kudus Yesus dan Gereja Kristen Indonesia (GKI), di Jalan Diponegoro, Sabtu 25 Desember 2021.

Mahfud MD menjelaskan kepada para jemaat gereja bahwa Indonesia bukan negara agama yang sistemnya diatur berdasarkan satu agama dan Indonesia juga bukan negara sekuler, di mana agama harus terpisah penuh dengan kehidupan negara.

"Indonesia itu bukan negara sekuler juga bukan negara agama, tapi negara Pancasila. Di negara Pancasila itu, semua agama dan para pemeluknya dilindungi hidupnya," ujar Mahfud MD dalam sambutannya.

Baca Juga: Fuji Terancam Dipolisikan, H Faisal Mengaku Tidak Takut

Mahfud MD melanjutkan, dalam negara yang berdasarkan Pancasila, asumsinya semua agama membawa ajaran kebaikan.

"Itulah sebabnya, negara kita dasar pertamanya adalah berdasar Ketuhanan yang Maha Esa, bukan berdasar agama A, B atau C. Ketuhanan yang Maha Esa itulah yang kemudian dilembagakan dan semua dilindungi oleh negara," terang Mahfud MD.

Terkait kondisi keamanan, Mahfud menjelaskan berdasarkan laporan yang ia terima, suasana natal berjalan kondusif, sekaligus optimistis perayaan Natal berjalan aman.

Mahfud MD mengaku gembira, karena mendapat laporan dari Pangdam dan Kapolda, dari Pemda dan Gereja juga, bahwa perayaan Natal tahun ini berjalan kondusif dan aman.

Baca Juga: Nadeo Argawinata Tepis Penalti Singapura, Tebakan Diego Michiels Viral di Instagram

"Ada optimisme dan kegembiraan, Insya Allah dalam kaitannya dengan Natal berjalan aman di seluruh Indonesia," ujar Mahfud.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bus Bikin Tentrem, Bantu Ibadah Haji Lebih Ayem

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:12 WIB
X