Sinovac dapat Ditembus Omicron, Para Ahli Sarankan Booster Merek Lain

- Jumat, 24 Desember 2021 | 13:21 WIB
 Ilustrasi Omicron  (ANTARA/HO-Kemenkes)
Ilustrasi Omicron (ANTARA/HO-Kemenkes)

SUARAMERDEKA.COM – Penelitian terbaru menemukan varian Covid-19 Omicron berhasil menembus sistem imun meski telah menerima tiga dosis vaksin Sinovac.

Tiga dosis vaksin Sinovac, yang terdiri dari dua dosis vaksin dan satu dosis booster diketahui tidak dapat meningkatkan sistem imum untuk menghadapi varian Omicron.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan kepada setiap penerima dua dosis vaksin Sinovac untuk mencari vaksin merek lain untuk dosis booster, misalnya booster dari BioNTech SE.

Baca Juga: Video Dodot Bikin Gala Ketakutan Viral, Doddy Sudrajat Emosi: Biadab Sekali!

Berdasarkan penelitian dari University of Hong Kong dan Chinese University of Hong Kong, suntikan booster dari BioNTech SE dapat meningkatkan perlindungan sistem imun terhadap varian Omicron.

Dua dosis vaksin dari BioNTech yang disebut sebagai ‘Comirnaty’ tidak memberikan perlindungan yang cukup terhadap paparan virus corona. Namun, suntikan ketiga dari vaksin tersebut meningkatkan sistem imun untuk melawan varian Omicron.

Sampai saat ini, para ahli masih meneliti seberapa besar pengaruh vaksin Sinovac dalam tubuh ketika melawan Omicron, termasuk sel T atau sel dalam sistem imun yang melawan ketika tubuh diserang berbagai macam virus.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film yang Cocok Temani Libur Natal dan Tahun Baru

Vaksin Sinovac tercatat telah tersebar lebih dari 2,3 miliar dosis dan sebagian besar diberikan untuk China dan negara berkembang.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Heboh! Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:55 WIB
X