22 PCINU Dukung Gus Yahya Menjadi Ketua Umum PBNU

- Kamis, 23 Desember 2021 | 18:47 WIB
Perwakilan pengurus PCINU dari 22 negara memberikan keterangan pers. (suaramerdeka.com/Dok)
Perwakilan pengurus PCINU dari 22 negara memberikan keterangan pers. (suaramerdeka.com/Dok)

LAMPUNG, suaramerdeka.com - Sebanyak 22 dari 34 Pengurus Cabang Internasional Nahdlatul Ulama (PCINU) memberikan pernyataan sikap dan rekomendasi untuk memaksimalkan peran NU di dunia internasional.

Di sela-sela Muktamar Ke 34 NU di Bandar Lampung, Kamis 23 Desember 2021, 22 PCINU berharap ada regenerasi.

Mereka menjatuhkan dukungan kepada KH Yahya Cholil Staquf menjadi Ketua PBNU periode 2021-2026 dalam pemilihan yang berlangsung Kamis (23/12) malam di Universitas Lampung (Unila).

Baca Juga: Unggah Parodi Lucu 'Layangan Putus', Ridwan Kamil Serukan Aksi 'Insyafkan Anya Geraldine'

"Menimbang dan memperhatikan peran organisasi NU dalam memaksimalkan perannya di internasional, dengan ini Forum PCI Internasional memberikan rekomendasi dan menyatakan sikap dalam Muktamar NU ke 34," tandas Ahmad Munji, PCINU Turki.

Pernyataan yang disampaikan yakni agar PBNU mendatang membentuk bidang khusus untuk PCINU di PBNU yang menangani secara khusus program-program PCI dan diaspora NU Dunia sebagai aset diplomasi Islam Wasathiyah.

"Kedua, melibatkan PCINU secara maksimal dalam peran NU untuk menjalankan peran dan fungsi second track diplomacy dalam dakwah dan diplomasi internasional. Ketiga, memberdayakan potensi SDM diaspora nahdliyin di dunia sesuai dengan profesi dan keahlian," tandas Ahmad Munji.

Baca Juga: Polres Demak Menangkap Empat Pelaku Pengeroyokan yang Membunuh Balita

Sesuai dengan tema Muktamar Ke-34 NU, Kemandirian dalam Berkhidmat untuk Peradaban Dunia, lanjut dia, Forum PCINU Internasional mendukung figur regenerasi yang dinilai mampu memimpin internasionalisasi NU yaitu, KH Yahya Cholil Staquf, sebagai Ketua Umum PBNU periode berikutnya.

"Hal ini sebagai bagian dari memaksimalkan peran NU di kancah Internasional," tegasnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X