Pembahasan RUU-TPKS Mandeg, DPR: Telah Lewat Masa Tenggat

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 19:01 WIB
Dilema Wanita, Tentang RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) dan Kemana Harus Melapor? (Jurnal Palopo-Pikiran Rakyat)
Dilema Wanita, Tentang RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) dan Kemana Harus Melapor? (Jurnal Palopo-Pikiran Rakyat)

SUARAMERDEKA.COM – Pembahasan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU-TPKS) kembali mengalami hambatan di DPR.

Walau telah disetujui oleh mayoritas fraksi di rapat pleno terakhir Badan Legislatif (Baleg), RUU-TPKS belum resmi menjadi RUU inisiatif DPR untuk memasuki pembahasan tingkat lanjut dengan pemerintah.

Hal tersebut dikarenakan pimpinan belum merestui RUU-TPKS dibawa ke Rapat Paripurna penutupan masa sidang 2021 untuk disahkan menjadi RUU inisiatif.

Baca Juga: Al Quran Surat Al Kautsar Ayat 1-3, Lengkap Teks Arab, Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad beralasaan, RUU-TPKS telah melewati masa tenggat untuk dibahas dalam rapat pimpinan dan Badan Musyawarah (Bamus).

“Masalah teknisnya adalah ketika kita Rapim dan Bamus, UU belum selesai dibahas di tingkat 1,” ucap Dasco di kompleks Parlemen pada Kamis (16/12).

Sampai pada rapat pleno terakhir di Baleg, masih ada dua fraksi yang belum setuju RUU-TPKS disahkan menjadi RUU inisiatif DPR. Fraksi tersebut yaitu Golkar dan PKS.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas di Salatiga Minta, Kemudahan Akes Publik dan Kantor

Sebelumnya, RUU-TPKS sempat terancam gugur di tingkat Baleg karena masih terdapat lima fraksi yang masih tidak setuju dengan beberapa pasal krusial dalam RUU. Mereka adalah PAN, PKS, PPP, Golkar, dan Demokrat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bus Bikin Tentrem, Bantu Ibadah Haji Lebih Ayem

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:12 WIB
X