Pasien Covid Varian Omicron di Indonesia, 5 Kasus Masih Berstatus Probable Omicron

- Kamis, 16 Desember 2021 | 16:32 WIB
Ilustrasi Omicron
Ilustrasi Omicron

JAKARTA, suaramerdeka.com - Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI menjelaskan varian Covid-19 Omicron telah masuk ke Indonesia.

Dalam keterangannya tersebut, Budi membeberkan bahwa kasus perdana varian Omicron Indonesia menyerang salah satu pasien dengan profesi petugas kebersihan di Wisma Atlet. Kabarnya, pasien tersebut berinisial N.

"Kementerian Kesehatan tadi malam telah mendeteksi ada seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember 2021," kata Menkes.

"Data-datanya sudah kami konfirmasikan ke GISAID dan sudah dikonfirmasikan kembali dari GISAID bahwa memang data ini memang data sequencing Omicron," kata Budi dikutip dari Ayobandung.com pada Kamis, 16 Desember 2021.

Baca Juga: Nataru di Saat Masih Pandemi: Jabar Siaga 1, Destinasi Wisata Tujuan Warga Harus Sudah Dikelola

Pasien berinisial N terdeteksi positif Covid-19 pada saat tes rutin di Wisma Atlet pada 8 Desember 2021.

Kabarnya, sampelnya telah dikirimkan ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan untuk diperiksa variannya dengan menggunakan metode whole genome sequencing (WGS) pada 10 Desember 2021.

"Ada 3 pekerja pembersih di RSDC Wisma Atlet yang positif PCR-nya tapi yang terkonfirmasi positif omicron adalah satu orang tanggal 15 Desember," terang Budi.

Terkait informasi Omicron sudah masuk ke Indonesia, Budi menyebut ketiga orang ini tengah dikarantina di Wisma Atlet dan tidak mengalami gejala; tidak ada demam, tidak batuk, dan sudah di tes PCR kembali pada 3 hari setelahnya dan hasilnya negatif Covid-19.

Baca Juga: Ramalan Shio Kuda Tahun 2022 dari Keuangan dan Kesehatan, Hati-hati dengan Kesehatan Anda

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X