Erupsi Gunung Semeru, Presiden Pastikan Seluruh Kekuatan Dikerahkan untuk Perbaikan

- Rabu, 8 Desember 2021 | 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (BPMI Setpres / Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. (BPMI Setpres / Laily Rachev)

LUMAJANG, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo memastikan seluruh kekuatan dikerahkan untuk menangani dampak dari erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten, Lumajang, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo kala meninjau langsung lokasi terdampak dan penanganan dampak erupsi Gunung Semeru.

“Saya ke lokasi memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi, juga penanganan pengungsi di lapangan, dan juga ini kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pengungsian yang terletak di Lapangan Desa Sumberwuluh dan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Kampus Prioritaskan Desa Mitra Terima Alih Teknologi Tepat Guna

Selain itu, Presiden juga meninjau dapur umum dan posko pelayanan kesehatan erupsi Gunung Semeru.

“Di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan pengungsi juga tertangani dengan baik, baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik,” ujarnya.

Pemerintah, kata Presiden Joko Widodo juga akan mempersiapkan relokasi hunian masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Saya mendapatkan laporan kurang lebih dua ribuan rumah yang memang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun karena saya kira semuanya sudah siap,” ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Bunda', Melly Goeslaw: Tercipta Mengalir Begitu Saja

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X