Waspadai Curah Hujan Saat Nataru, BMKG Peringatkan Hal Ini

- Selasa, 7 Desember 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi cuaca buruk. (Pixabay)
Ilustrasi cuaca buruk. (Pixabay)

suaramerdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat Indonesia agar tetap waspada terhadap curah hujan.

Dilansir dari Instagram resmi BMKG, memasuki Natal dan Tahun Baru (Nataru), yakni bulan Desember hingga Januari, masyarakat diminta waspada terhadap curah hujan.

Pasalnya menurut BMKG, prediksi curah hujan di wilayah Indonesia pada bulan Desember 2021 dan Januari 2022 dimana terdapat periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) menunjukkan bahwa curah hujan pada umumnya berada pada kategori menengah hingga tinggi.

Baca Juga: Percepatan Penurunan Stunting, BKKBN Perwakilan Jawa Tengah Rekrut 21.931 Tim Pendamping Keluarga

Kategori curah hujan menengah hingga tinggi menurut BMKG yakni berkisar antara 100 hingga 500 mm per bulan.

Selain waspada terhadap curah hujan, BMKG juga menghimbau kepada seluruh mitra Kementrian atau Lembaga, pemerintah daerah dan stakeholder, serta masyarakat untuk terus memonitor perkembangan alam di Indonesia.

Menurut BMKG, masyarakat harus terus memonitor perkembangan cuaca, gelombang laut, peringatan dini, iklim dan juga gempa bumi.

Baca Juga: Minus Hari Nur, Ini Skuat PSIS Melawan Persita Tangerang

BMKG juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di daerah-daerah yang rawan terhadap bencana geo-hidrometeorologi.

Yakni bencana yang disebabkan oleh parameter meteorologi seperti suhu, tekanan, curah hujan, angin, kelembapan, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Artikel Terkait

Terkini

X