Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

- Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
Safar. (foto: JKN-KIS)
Safar. (foto: JKN-KIS)

TERNATE, suaramerdeka.com - Meningkatnya biaya kesehatan khususnya untuk penanganan penyakit kronis, membuat biaya kesehatan terasa sangat mahal bagi masyarakat.

Safar Mas'ud (65) warga Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate yang saat ini masih dalam perawatan rutin penyakit jantung merupakan salah seorang yang sangat merasakan pentingnya jaminan kesehatan pada saat biaya kesehatan semakin mahal.

Di usia yang tidak muda lagi dan saat ini sedang mengidap penyakit jantung membuat Safar sadar bahwa memiliki jaminan kesehatan merupakan hal yang menjadi prioritas bagi dirinya.

Baca Juga: Ini Narasi Video Polwan Kalteng Diduga Jadi Korban Kekerasan Prajurit TNI Viral di Medsos

Sejak tahun 2017 dia telah mendaftarkan dirinya beserta istri dan satu orang anaknya ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas 3.

"Tidak lama berselang sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, saya langsung merasakan manfaat dari Program JKN-KIS ini. Sekitar akhir tahun 2017 saya merasa sakit di dada hingga tembus ke punggung, lalu saya dibawa ke IGD RS Chasan Boesori (RSCB) Ternate untuk dilakukan penanganan medis. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, dokter RS memvonis bahwa saya terkena penyakit jantung," cerita Safar.

Safar mengaku waktu itu dirinya beserta keluarga cukup panik mengetahui informasi yang diberikan oleh dokter RS Chasan Boesori karena mengetahui biaya untuk pengobatan penyakit jantung tidaklah murah.

Baca Juga: PPKM Level 3 Batal Diterapkan, Capaian Vaksinasi Jadi Acuan

Tetapi kepanikannya seketika langsung sirna sewaktu dokter menjelaskan bahwa biaya pengobatan penyakit jantung ditanggung oleh Program JKN-KIS.

"Seperti oase di padang pasir, pepatah itu sangat pas untuk menggambarkan keadaan saya waktu itu. Di saat keadaan ekonomi saya yang pas-pasan, Program JKN-KIS sangat membantu biaya pengobatan saya," ucap Safar.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X