Erupsi Gunung Semeru, 3 Ambulans dan 1 Mobil Rescue Dikerahkan Permudah Evakuasi

- Selasa, 7 Desember 2021 | 09:24 WIB
Proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru. (suaramerdeka.com / dok Rumah Zakat)
Proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru. (suaramerdeka.com / dok Rumah Zakat)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Menyusul erupsi Gunung Semeru, Rumah Zakat mendirikan dua pos bantuan bagi masyarakat terdampak di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo Kab. Lumajang Jawa Timur.

Mereka juga mengerahkan tiga mobil ambulans dan dan satu mobil rescue untuk membantu proses evakuasi bersama Tim SAR gabungan lainnya di Gunung Semeru.

"Pengerahan mobil-mobil tersebut untuk mempermudah evakuasi warga, serta pelayanan kesehatan dan penyediaan oksigen bagi yang membutuhkan,” kata Koordinator Rumah Zakat Action Izzatul Yazid, Selasa 7 Desember 2021

Dalam bantuan kemanusiaan itu, lembaga filantropi itu juga menurunkan 15 relawan yang langsung berkerja membantu proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru di Candipuro.

Baca Juga: Dua RSU Segera Dibangun di Blora, Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan

Selain pelayanan kesehatan dan ambulans, mereka juga menyalurkan 300 kornet Superqurban untuk dapur umum, berikut pembagian masker dan makanan siap santap.

Berdasarkan hasil pemetaan, katanya, kebutuhan penyintas di antaranya masker, makanan siap saji, air mineral, makanan bayi dan balita, selimut, alas tidur, obat-obatan, serta air bersih.

Kebutuhan itu berupaya dipenuhi di antaranya dari donasi yang cukup antusias dalam menyisihkan sebagian rejekinya yang terus berdatangan.

Proses evakuasi sendiri masih terus dilakukan seluruh jajaran dan Tim RZ bergabung dengan unsur SAR lainnya guna melakukan penanganan.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Penerimaan Pajak DJP Jateng I Tumbuh Positif

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X