Semeru Erupsi, Malang Diguyur Hujan Abu Vulkanik, Camat Ampelgading sebut Kondisi Aman

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:13 WIB
Kendaraan yang terparkir di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertutup abu vulkanik akibat meletusnya Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). (Foto: Antara/HO-BPBD Kabupaten Malang)
Kendaraan yang terparkir di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertutup abu vulkanik akibat meletusnya Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). (Foto: Antara/HO-BPBD Kabupaten Malang)

LUMAJANG, suaramerdeka.com - Sejumlah wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengalami hujan abu vulkanik. Demikian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang saat dikonfirmasi, Sabtu 4 Desember 2021.

"Untuk wilayah terdampak langsung tidak ada, namun hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa wilayah," kata (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan

Beberapa wilayah yang mengalami hujan yang disertai abu vulkanik, antara lain adalah Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, sebagian Kecamatan Wajak dan Kecamatan Bantur.

Baca Juga: Casio Kerjasama Timnas Indonesia, Pecinta Casio Wajib Punya

Sementara itu, Camat Ampelgading Achmad Sovie mengungkapkan, Kabupaten Malang yang berdekatan dengan Kabupaten Lumajang, dalam kondisi aman dan tidak terdampak secara langsung dari letusan Gunung Semeru.

"Untuk wilayah Kabupaten Malang kondisi aman karena letusan mengarah ke Lumajang," katanya.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3/676 meter dari permukaan laut (mdpl) dilaporkan mengalami peningkatan aktivitas kemudian meletus yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik, kurang lebih pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dengan guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: #SAVENOVIAWIDYASARI Trending di Twitter, Benarkah Ia Bunuh Diri Karena Depresi Ditinggal Sang Ayah?

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB
X