Covid-19 Diperkirakan Melonjak dalam 2 Bulan, Satgas Beberkan 4 Penyebabnya

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:39 WIB
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Satgas Penanganan Covid-19 memperkirakan akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 dalam dua bulan ke depan, yang disebabkan beberapa faktor.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi membeberkan empat faktor yang dapat berpotensi menyebabkan kasus Covid-19 melonjak.

Empat faktor potensi melonjaknya Covid-19 tersebut yakni kepatuhan protokol kesehatan, laju vaksinasi, tingkat mobilitas dan kemunculan varian virus Corona baru yang lebih menular.

Sonny mengatakan, keempat faktor tersebut didapatkan berdasarkan temuan dari Satgas Covid-19.

Baca Juga: Jelang Nataru, Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan BBM dan LPG

Ditemukan, skor kepatuhan protokol kesehatan 3M yang terus meningkat sejak diberlakukan PPKM pada Juli lalu mulai menurun pada November.

“Selama bulan November ini terjadi penurunan skor di angka 7,86 atau sama dengan kondisi pada Agustus lalu,” kata Sonny.

Maka, Satgas Covid-19 berupaya membuat strategi perubahan perilaku dan komunikasi resiko yang tepat di tengah kejenuhan yang dialami masyarakat.

Satgas bertujuan untuk mendorong kepatuhan melakukan protokol kesehatan 3M sembari mendukung Kementerian Kesehatan dalam upaya mempercepat laju vaksinasi dan peningkatan kapasitas deteksi virus melalui testing maupun tracing.

Baca Juga: Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021, Ini Daerah yang Terjadi GMT

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB
X