CSR Pengelolaan Mangrove: PT PII Budi Dayakan Udang di Kabupaten Berau

- Kamis, 2 Desember 2021 | 13:12 WIB
Hutan mangrove. Foto: Istimewa/Twitter
Hutan mangrove. Foto: Istimewa/Twitter

JAKARTA, suaramerdeka.com - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) / PT PII melaksanakan pembukaan seremonial program CSR pengelolaan hutan mangrove berbasis masyarakat melalui budi daya udang berkelanjutan di Kampung Pegat Batumbuk, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang dilaksanakan secara daring.

Perlu diketahui, budi daya udang menjadi komoditas perikanan yang meliputi 15 persen dari total nilai perdagangan perikanan global.

Hal ini menjadikan budi daya udang memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi lokal.

Selain itu,Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengungkapkan teknologi budi daya tambak udang yang maju dapat meningkatkan produksi sekaligus menyelamatkan 600,000 hektare mangrove dengan potensi mitigasi dan pengurangan CO2 sebesar 1 miliar ton dalam 10 tahun. 

Baca Juga: Pemkab Demak Pacu Budi Daya Ternak, Berikan Bantuan 8 Ekor Sapi

Jadi, dengan menerapkan praktik akuakultur yang berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi ini dapat berjalan selaras dengan upaya global dalam menurunkan emisi gas rumah kaca. Hal inilah yang menjadi fokus PT PII yang mulai dilaksanakan pada November 2021, di wilayah Berau, Kalimantan Timur.

Kabupaten Berau tercatat sebagai wilayah yang memiliki ekosistem mangrove terluas di Provinsi Kalimantan Timur.

Namun demikian, perubahan alih fungsi lahan mangrove yang terjadi menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem yang sekaligus merupakan sumber penghidupan masyarakat sekitarnya. 

“Kami menyadari bahwa pembangunan infrastruktur harus sejalan dengan prinsip praktik yang berkelanjutan, demi kelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat Indonesia."

Baca Juga: Menko Airlangga Kunjungi Kalimantan Selatan Pastikan Sinergi dan Kolaborasi dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X