Aturan Perjalanan PPKM Level 3 Nataru, Optimalkan Aplikasi PeduliLindungi

- Kamis, 2 Desember 2021 | 19:35 WIB
Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Humas Setkab)
Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Humas Setkab)

suaramerdeka.com - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru),  pemerintah akan menerapkan kebijakan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia.

Penerapan kebijakan PPKM level 3 Nataru diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Dasar pelaksanaan PPKM Level 3 Nataru ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021.

Baca Juga: Hindari Penuaan Kulit, Cegah Sejak Dini dengan Cara Ini

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Dilansir di laman resmi Sekretariat Kabinet, Inmendagri ini mulai berlaku pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 mendatang.

Selama penerapan PPKM level 3 Nataru, pemerintah melarang warga untuk mudik dan apabila melanggar akan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Suga BTS Solois Pria Korea Paling Banyak Distreaming di Spotify 2021

Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan karyawan swasta juga dilarang untuk mengambil cuti selama PPKM level 3 Nataru.

Pengetatan juga akan diberlakukan terhadap arus pelaku perjalanan masuk dari luar negeri termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai antisipasi tradisi mudik Nataru.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X