Dosen FTP USM Berikan Penyuluhan Pembuatan Pangan Fungsional Tempe, Sangat Tepat untuk Mapel Bioteknologi

- Kamis, 2 Desember 2021 | 15:27 WIB
Dosen FTP USM Berikan Penyuluhan Pembuatan Pangan Fungsional Tempe. (suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo)
Dosen FTP USM Berikan Penyuluhan Pembuatan Pangan Fungsional Tempe. (suaramerdeka.com/Jati Prihatnomo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) menggelar penyuluhan kepada siswa siswi PKBM Anugrah Bangsa Semarang tentang “Pembuatan Pangan Fungsional Tempe dan Perbedaan Jenis Pengemasnya Bagi Siswa Siswi” baru-baru ini.

Dosen FTP USM terdiri Antonia Nani Cahyanti SSi MSi, Ir Adi Sampurno M, dan Soraya Kusuma Putri STp MSc memberikan materi sesuai dengan bidang masing-masing.

Menurut Soraya penyuluhan ini sangat tepat dilakukan untuk menambah wawasan bagi siswa siswi di sekolah tersebut, yang mempunyai mata pelajaran (mapel)  bioteknologi, yang mana proses fermentasi merupakan bagian dari mata pelajaran tersebut.

Baca Juga: Fakultas Biologi UKSW Kembangkan Biopreneurship, Wirausaha Berbasis Ilmu Biologi

“Salah satu contoh produk olahan fermentasi adalah tempe. Tempe merupakan produk olahan fermentasi yang berasal dari Indonesia,” ungkap Soraya.

Pada penyuluhan ini diawali dengan pemberian pretest kepada siswa-siswi jurusan IPA di sekolah tersebut. Pemberian materi dilakukan setelah pretest tersebut selesai.

Materi yang disampaikan pada penyuluhan ini meliputi tiga topik, yaitu yang pertama adalah mengenai sifat fungsional dari tempe dari kacang merah, kacang hijau dan kacang tanah, disampaikan oleh Antonia Nani Cahyanti.

Baca Juga: Wisuda Unisfat Angkatan XIII, Alumni Diminta Ikut Majukan Demak

Kedua adalah proses pembuatan dan fermentasi tempe dari kacang merah, kacang hijau dan kacang tanah oleh Adi Sampurno.

Topik ketiga mengenai jenis pengemasan yang berbeda pada tempe dari kacang merah, kacang hijau dan kacang tanah disampaikan oleh Soraya Kusuma Putri.

Usai penyampaian materi, siswa siswi jurusan IPA tersebut melakukan praktek sederhana pembuatan tempe.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Artikel Terkait

Terkini

X