AKHLAK Jadi Core Value ASN Kemenag, Gus Yaqut: Kemenag Harus Jadi Teladan

- Rabu, 1 Desember 2021 | 21:20 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (suaramerdeka.com/dok)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan jajarannya untuk menjadi teladan dalam pengamalan AKHLAK.

Tidak hanya berarti sifat atau kepribadian tetapi AKHLAK merupakan akronim dari Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

"Kemenag harus menjadi teladan dalam penerapan core value ASN, yaitu AKHLAK," tegas Menag di Jakarta, saat menjadi pembicara Webinar “Komitmen Kementerian Agama Meningkatkan Integritas dan Budaya Anti Korupsi” yang digelar Itjen Kemenag, Rabu, 1 Desember 2021.

Selain Menag Gus Yaqut, webinar menghadirkan pembicara Sekjen Kemenag Nizar Ali, anggota KPK Nurul Ghufron dan Irjen Deni Suardini.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Saatnya Program Perlindungan Pekerja Sektor Informal Jadi Mainstream

Webinar diikuti seluruh pimpinan satuan kerja Kemenag. Tujuannya, menguatkan pemahaman dan penyebarluasan kesadaran tentang pencegahan korupsi dan pengendalian gratifikasi.

Menurut Gus Men, panggilan akrab Gus Yaqut, AKHLAK telah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai core value dan employer branding ASN bersamaan dengan tagline "Bangga Melayani Bangsa”.

Terkait akuntabilitas, Menag menyinggung pentingnya pengamalan integritas dan budaya anti korupsi.

Kemenag terus melakukan penguatan dalam bentuk Penerapan Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) dan Whistleblowing System Tindak Pidana Korupsi Terintegrasi.

Baca Juga: Ingin Diet Rendah Kalori? 7 Chinese Food Ini Bisa Jadi Rekomendasi
 
"Kemenag telah membentuk Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) yang berperan mengendalikan penerimaan gratifikasi secara transparan dan akuntabel," jelasnya.
 
Menurut Gus Men, Kemenag bersama KPK juga telah membangun sebuah sistem Pengaduan Masyarakat (Dumas) dan Whisteblowing System (WBS) terintegrasi.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X