Menko Airlangga Sebut Kaum Muda Memiliki Peran Besar Menentukan Arah dan Manfaat Recovery dalam Presidensi G20

- Selasa, 30 November 2021 | 19:42 WIB
Menko Ekonomi Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com/dok ekon.go.id)
Menko Ekonomi Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com/dok ekon.go.id)

JAKARTAsuaramerdeka.com - Presidensi G20 Indonesia secara resmi mulai berjalan sejak 1 Desember 2021 hingga 12 bulan ke depan.

 Ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk dapat meningkatkan diplomasi perekonomian melalui pembentukan arsitektur perekonomian dan kesehatan global pasca pandemi Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia juga berkesempatan untuk memperkuat sektor-sektor perekonomian kunci melalui berbagai negosiasi di bawah Presidensi G20 yang meliputi perdagangan, investasi, ketenagakerjaan, pertanian, kesehatan, pendidikan, sumber daya manusia dan SDGs. 

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Pegulat, PGSI Jateng Fokuskan Pembinaan Pelatih

Menurutnya kesempatan memperkuat perannya dalam Presidensi G20 ini menjadi semakin besar karena didorong juga dengan kondisi Indonesia yang saat ini memiliki piramida penduduk yang didominasi oleh usia produktif yaitu pada rentang usia 20-40 tahun, terbanyak di usia 30-an tahun.

“Oleh karena itu, dalam Presidensi G20 Indonesia, peran kaum muda tidak bisa dikesampingkan.

Melalui Youth20 (Y20), pemuda dan pemudi memiliki andil besar dalam menentukan arah kebijakan dan manfaat dari recovery itu sendiri,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

dalam Acara Puncak Kompetisi Pemuda Nasional bertajuk Pemuda dan Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia secara virtual pada Minggu, 28 November 2021. 

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Pegulat, PGSI Jateng Fokuskan Pembinaan Pelatih

Lebih lanjut Menko Airlangga mengatakan pemuda perlu membangun kewirausahaan sosial untuk menjadi salah satu solusi bagi tantangan sosial ekonomi yang ada saat ini.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X