KLHK Diminta Memberi Ruang bagi Kaum Muda untuk Berpartisipasi dalam Perumusan Kebijakan Lingkungan Hidup

- Senin, 29 November 2021 | 09:38 WIB
Menteri KLHK Siti Nurbaya. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Menteri KLHK Siti Nurbaya. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

JAKARTA, suaramerdeka.com - KLHK diminta untuk terus memberi ruang bagi kaum muda untuk berpartisipasi aktif dalam perumusan kebijakan pemulihan dan pelestarian lingkungan hidup Indonesia.

Karena masa depan lingkungan hidup di Indonesia ada pada kaum muda.

Pada program ini, diharapkan KLHK melibatkan kaum muda di dalam proses-proses pembuatan kebijakan yang berkaitan langsung dengan kaum muda.

Baca Juga: Banjir Bandang Garut Telah Surut, Warga Mulai Membersihkan Endapan Lumpur hingga Sampah

Hal itu disampaikan Ketua Institut Hijau Indonesia, Chalid Muhammad.

“Saat ini adalah start yang baik yang patut di apresiasi dan berharap di masa yang akan datang proses lahirnya kebijakan dan implementasi kebijakan membuka ruang bagi kaum muda, sehingga KLHK dapat menjadi kementerian yang inklusif dan mengajak semua stakeholder terlibat,” ujar Chalid. 

Rangkaian kegiatan dalam program ini terdiri dari dialog kaum muda dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta jajaran, aksi kaum muda menanam bibit pohon, festival berwarna dan berirama, bersih pantai, sungai dan gunung di beberapa daerah, literasi hijau, perempuan dan alam, kaum muda dan konservasi, green games, pemberian penghargaan Adiwiyata dan Gender, serta wisuda Green Leadership Indonesia angkatan pertama dan Gender Champion 2021.

Baca Juga: Incuba Fest 2021, Apresiasi untuk Peran Aktif Masyarakat Atasi Pandemi Covid-19

Program green leadership Indonesia telah dimulai sejak Mei 2021 dan program ini dilaksanakan selama 6 bulan. Pada periode pertama program ini telah diikuti 245 peserta dari berbagai profesi di seluruh Indonesia. 

Sedangkan Program Officer Green Leadership Indonesia, Rozy Brilian Sodik mengatakan, penting bagi anak muda untuk mengambil peran atau mengambil inisiatif berpartisipasi secara aktif dalam program ‘Kaum Muda Bergerak Pulihkan Lingkungan Hidup’. 

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X