Banjir Bandang di Garut, 21 Rumah Rusak

- Minggu, 28 November 2021 | 08:42 WIB
banjir bandang di Garut. (foto deksjabar.pikiran-rakyat.com)
banjir bandang di Garut. (foto deksjabar.pikiran-rakyat.com)

GARUT, suaramerdeka.com - Bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu, 27 November 2021, telah menyebabkan 21 rumah rusak.

Bencana banjir bandang terjadi di wilayah Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut dan sempat menjadi trending di google.

Menurut informasi dari Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, banjir bandang mulai terjadi sejak pukul 15.00 WIB dan saat itu di wilayah Sukawening sedang turun hujan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Banjir di Rancaekek, Kereta Api Jarak Jauh Tertahan Berjam-jam

"Kami mendapatkan laporan pukul 15.45 dan kami memberangkatkan satu tim rescue pukul 16.00 yang sampai di lokasi pukul 17.15," kata Deden.

Tim tersebut diturunkan untuk memantau dan mengantisipasi apabila ada warga membutuhkan pertolongan maupun evakuasi dampak dari banjir bandang.

Ia menuturkan banjir bandang telah menerjang permukiman atau rumah penduduk di Sukawening sekitar pukul 16.00 WIB setelah hujan deras mengguyur wilayah Garut kemudian air sungai meluap.

Baca Juga: Bareskrim Polri Berhasil Ungkap Peredaran Ganja 224 Kilogram dari Jaringan Aceh-Medan-Jakarta

Ditambahkannya, hasil laporan Komandan Tim Rescue di lapangan Syahrir bahwa banjir sudah mulai surut hanya menyisakan lumpur di lingkungan warga maupun rumah penduduk yang terdampak banjir.

Hasil pencatatan sementara tim di lapangan, kata dia, ada beberapa rumah warga rusak, dan sejumlah warga melakukan evakuasi mandiri ke rumah saudaranya yang lebih aman dari bencana banjir.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X