Menkes Dorong Penggunaan Alat Kesehatan Nasional

- Kamis, 10 Juni 2021 | 22:56 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: ist
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: ist

CIKARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah mendorong penggunaan alat kesehatan produksi dalam negeri guna meningkatkan kegiatan ekonomi nasional sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap barang impor.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meninjau pabrik alat kesehatan PT PHC Indonesia di Kawasan Industri MM 2100, Cikarang, Jawa Barat, Kamis 10 Juni 2021.

Menkes mengaku banyak produk lokal yang mampu bersaing dari sisi kualitas namun dari segi harga, produk dalam negeri masih kalah bersaing sehingga pangsa pasarnya masih di bawah 10 persen.

Baca Juga: Masa Depan Anak Ditentukan Gizi yang Baik, Stunting Wajib Dicegah

"Jika selisih harganya tidak terlalu besar, seharusnya produk dalam negeri lebih diutamakan," ujarnya.

"Untuk itu, kita akan berupaya memberi kemudahan kepada produk lokal, namun dalam target waktu tertentu misalnya tiga tahun. Setelah itu, produk lokal harus mampu bersaing. Mekanisme lelang pengadaan alat kesehatan oleh instansi pemerintah juga harus lebih memberi ruang yang lebih luas bagi pelaku industri dalam negeri," imbuhnya.

Peluang pasar produk alat kesehatan masih sangat terbuka karena kebutuhan dalam negeri juga sangat besar seperti alat ukur gula darah, ventilator, hingga penyimpanan vaksin.

Baca Juga: Sopir Kontainer Mengeluh Soal Premanisme dan Pungli, Presiden Langsung Telepon Kapolri

Menurutnya, Pemerintah akan terus berupaya memperbanyak suplai produk-produk tersebut.

"Alat ukur darah, kita butuh lebih banyak lagi screening dan testing, itu pasti banyak. Untuk vaksinasi khan ini banyak tempat penyimpanan vaksin. Kemudian ventilator, saya juga sudah lihat. Kemarin di Kudus dan Bangkalan lagi meledak, itu masing-masing kita kirim 30 unit produksi dalam negeri, itu pun sudah habis, barangnya sudah tidak ada," kata dia.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Aniaya Teman Karaoke, 2 Pelaku Ditangkap

Jumat, 24 September 2021 | 20:12 WIB

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB
X