Pertumbuhan Ekonomi Jateng Tumbuh Positif, Ini Sektor Pendukungnya

- Kamis, 25 November 2021 | 11:52 WIB
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Jawa Tengah di Hotel Tentrem Semarang. (suaramerdeka.com / dok Bank Indonesia)
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Jawa Tengah di Hotel Tentrem Semarang. (suaramerdeka.com / dok Bank Indonesia)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam triwulan terakhir, ekonomi Jawa Tengah terus tumbuh positif.

Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah terutama didukung sektor konsumsi, investasi dan ekspor.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso menjelaskan terkait investasi swasta juga perlu difokuskan pada sektor yang berorientasi ekspor, seperti alas kaki, tekstil, dan furnitur.

Menurutnya pengembangan sektor ekonomi potensial sebagai new sources of growth juga menjadi sangat penting sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Baca Juga: Beda Status Beda Perlindungan, Ini Tips Memilih Produk Asuransi bagi Lajang dan Sudah Berkeluarga

"Terkait investasi, percepatan realisasi investasi pemerintah dan swasta menjadi kunci untuk meningkatkan kapasitas perekonomian dan penyerapan tenaga kerja," jelasnya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Jawa Tengah di Hotel Tentrem Semarang, Rabu, 24 November 2021.

Lebih lanjut Pribadi mengatakan, BI akan berupaya keras untuk menarik investor ke Jateng. Dijelaskan pertumbuhan ekonomi Jateng tumbuh positif karena dukungan sektor konsumsi yang menyumbang 50-60 persen.

Hadirnya beberapa kawasan industri di Jawa Tengah yang didukung oleh iklim investasi yang kondusif dan komitmen pemerintah daerah menjadi keunggulan Jawa Tengah dibandingkan daerah lain.

Baca Juga: Adipati Dolken Ungkap Makna Kata Dolken di Belakang Nama, Berikut Penjelasannya

"Pertumbuhan sektor ekspor, investasi dan konsumsi ini diprediksi 2022 pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bisa tumbuh lima sampai enam persen dan inflasi dapat terjaga pada tiga plus minus satu persen,” katanya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X