Jadi Syarat Level Penetapan PPKM, Menkes: Kecepatan Vaksinasi Lansia Kencang Sekali

- Rabu, 24 November 2021 | 08:00 WIB
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Cakupan vaksinasi bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dijadikan salah satu indikator untuk penetapan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga berupaya ditingkatkan.

“Sejak angka vaksinasi lansia (minimal) 50 persen dipakai sebagai syarat naik PPKM, itu (kecepatan vaksinasi) jadi kencang sekali,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi PPKM yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), awal pekan ini, di Kantor Presiden, Jakarta.

Menkes menambahkan, cakupan vaksinasi dosis pertama bagi lansia di 12 provinsi telah mencapai 50 persen.

“Yang divaksinasi sekarang secara total lansia sudah 50 persen-an dan 12 provinsi sudah lebih di atas 50 persen. Minggu lalu saja Banten, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara menembus angka 50 persen,” imbuhnya.

Baca Juga: Peringatan Hari Guru Nasional 2021, Ini Pedoman dari Kemendikbudristek

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), per 23 November pukul 18.00 WIB, dari 21,55 juta sasaran cakupan vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 51,08 persen dan dosis kedua 32,10 persen.

Secara keseluruhan, cakupan vaksinasi nasional dosis pertama mencapai 135,72 juta penduduk atau 65,16 persen dan dosis kedua 90,52 juta penduduk atau 43,46 persen dari total 208,27 juta sasaran.

Presiden Joko Widodo dalam ratas sudah meminta jajaran terkait untuk terus mengakselerasi laju vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Selain itu Kepala Negara juga mengingatkan mengenai disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes) terutama dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta mewaspadai lonjakan kasus yang terjadi di sejumlah negara di dunia.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Penyesuaian Seiring Adaptasi Pemerintah pada Perkembangan Pandemi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral! Edy Mulyadi Hina Kalimantan, Begini Sosoknya 

Senin, 24 Januari 2022 | 14:34 WIB
X